facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Truk ODOL Dilarang Masuk Tol selama Libur Nataru, Nekat Bakal Dicegat

Ari Syahril Ramadhan Senin, 27 Desember 2021 | 15:50 WIB

Truk ODOL Dilarang Masuk Tol selama Libur Nataru, Nekat Bakal Dicegat
Ruas Jalan Tol Cipularang KM 125 Kota Cimahi. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Semua kendaraan truk ODOL yang kedapatan memasuki ruas jalan tol akan diarahkan untuk melalui Jalan Raya Purwakarta untuk menuju ke arah Jakarta maupun Bandung.

SuaraJabar.id - Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi bakal mengalihkan kendaraan sumbu tiga atau truk Over Dimension Over Load (ODOL) dari ruas Tol Cipularang di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke jalur arteri selama maa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru.

Hal tersebut dilakukan untuk memecah kepadatan arus kendaraan di jalan Tol selama masa libur Nataru. Terutama agar arus lalu lintas kendaraan wisatawan yang hendak ke menuju Bandung maupun arah Jakarta tak mengalami hambatan.

"Kita lakukan pengalihan kendaraan sumbu tiga selama libur Nataru ini, terutama di akhir pekan. Sudah diterapkan sejak libur Natal kemarin," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Sudirianto saat dihubungi pada Senin (27/12/2021).

Teknisnya, terang dia, semua kendaraan ODOL yang kedapatan memasuki ruas jalan tol akan diarahkan untuk melalui Jalan Raya Purwakarta untuk menuju ke arah Jakarta maupun Bandung. Sementara ruas tol akan diutamakan untuk kendaraan kecil.

Baca Juga: Libur Nataru, Kendaraan Keluar-Masuk Jakarta Alami Peningkatan Hingga Pergantian Tahun

"Jadi semua diarahkan ke jalur arteri karena untuk tol diutamakan untuk kendaraan kecil yang akan menuju Bandung atau nanti saat arus balik setelah libur Tahun Baru menuju Jakarta," jelas Sudirianto.

Selama libur Nataru pihaknya tidak memberlakukan penyekatan di perbatasan seperti yang direncanakan sebelumnya. Dua pos penyekatan tersebut yakni di Padalarang dan Lembang.

"Sesuai arahan pimpinan untuk libur Nataru ini tidak ada penyekatan di perbatasan untuk kendaraan yang mau masuk ke Cimahi dan Bandung Barat. Tapi diganti dengan pos pelayanan," beber Sudirianto.

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pada libur Natal beberapa hari lalu, terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 30 persen di ruas Jalan Raya Lembang. Kebanyakan kendaraan milik wisatawan yang hendak berlibur di Lembang.

"Untuk libur Tahun Baru nanti diprediksi ada peningkatan mungkin lebih sedikit dari saat libur Natal kemarin. Kami ingatkan masyarakat yang hendak liburan di Lembang supaya tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkas Sudirianto.

Baca Juga: Selain Puncak, Ini 5 Lokasi Wisata di Bogor yang Bisa Jadi Alternatif Tujuan Libur Nataru

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait