alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ekuitas Adalah Selisih Nilai Aset, Ini Jenis dan Unsur yang Perlu Diketahui

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 11 Januari 2022 | 08:10 WIB

Ekuitas Adalah Selisih Nilai Aset, Ini Jenis dan Unsur yang Perlu Diketahui
Ilustrasu ekuitas. [Pixabay]

Ekuitas adalah selisih nilai antara nilai aset dengan liabilitas atau kewajiban. Dan tahukah kamu apa yang dimaksud ekuitas?

SuaraJabar.id - Ekuitas adalah selisih nilai antara nilai aset dengan liabilitas atau kewajiban. Dan tahukah kamu apa yang dimaksud ekuitas?

Di dalam dunia bisnis sering mendengar istilah ekuitas. Istilah ini sering dibahas terutama dalam masalah hak dan kepemilikan.

Ekuitas juga akan memiliki peranan penting dalam menilai seberapa besar aset yang perusahaan miliki dan seberapa banyak kewajiban yang harus terbayarkan.

Berikut beberapa hal tentang ekuitas yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Harga Emas Turun Tertekan Kenaikan Moderat Pasar Ekuitas AS

1. Pengertian Ekuitas

Secara umum, ekuitas merupakan besaran hak atau harta yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi operasional perusahaan yang mana harta tersebut akan mengalami residu karena kewajiban yang harus dibayarkan seperti hutang dan beban. Sebagai catatan, modal akan selalu berhubungan dengan aset dan kewajiban.

Nilai ekuitas atau modal tidak selalu positif. Nilai modal bisa negatif apabila nilai beban lebih besar daripada nilai aset itu sendiri. Nilai yang negatif ini biasa disebut dengan defisit.

Jumlah modal pun dapat berkurang apabila terjadi penarikan penyertaan dari pemilik perusahaan, pembagian jatah keuntungan, atau hal terburuk adalah apabila terjadi defisit atau bahkan mengalami kebangkrutan.

2. Jenis Ekuitas

Baca Juga: Pasar Ekuitas AS Jatuh Lagi, Harga Emas Naik

  • Ekuitas Pemegang Saham

Seluruh jumlah uang yang akan dikembalikan kepada pemegang saham apabila seluruh aset yang dimiliki perusahaan dilikuidasi dan seluruh utang dibayarkan. Ekuitas ini menjadi penentu keadaan keuangan perusahaan dan menjadi nilai dari perusahaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait