alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Pebriansyah Ariefana Rabu, 12 Januari 2022 | 15:39 WIB

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen
Google (Shutterstock)

Layanan internet sangat penting untuk mengakses informasi terkini, layanan publik hingga hiburan. Namun adakalanya kita ingin menghapus akun Google secara permanen.

SuaraJabar.id - Akun Google menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang penggunaan ponsel. Tak dapat dipungkiri, layanan internet sangat penting untuk mengakses informasi terkini, layanan publik hingga hiburan. Berikut cara menghapus akun Google secara permanen

Namun adakalanya kita ingin menghapus akun Google secara permanen. Menghapus akun diperlukan untuk mengantisipasi kebocoran data yang belakangan makin marak.

Jika ingin menghapus akun Google, disarankan untuk mengecek terlebih dahulu data-data yang terdapat pada akun Anda. Lalu bagaimana cara menghapus akun Google yang bisa diaplikasikan? Mari simak artikel berikut ini.

1.  Cara Menghapus Akun Lewat Komputer

Baca Juga: Cara Menambahkan Bisnis di Google Maps

Untuk mulai menghapus akun Google secara permanen melalui perangkat PC atau laptop, Anda bisa melakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

- Buka browser web di komputer Windows, Mac, Linux, atau Chromebook dan akses situs Akun Google . Di sini, masuk ke akun Google yang ingin dihapus. Jika lupa kata sandi, tidak sulit untuk memulihkan kata sandi Gmail .

- Dari bilah sisi di sebelah kiri situs Akun Google, pilih “Data & Privasi.”

- Pada halaman “Data & Privasi”, gulir ke bawah ke bagian “Opsi Lainnya”. Di bagian ini, klik “Hapus Akun Google”.

- Google mungkin meminta untuk memasukkan kata sandi aku. Klik bidang “Masukkan Kata Sandi”, ketik kata sandi, lalu klik tombol “Berikutnya”.

Baca Juga: Bocoran Fitur Baru Android 13

Setelah itu, Anda akan tiba di halaman “Hapus Akun Google”. Halaman ini mencantumkan konten yang akan dihapus saat menghapus akun Google. Tinjau daftar ini dengan cermat.

Setelah meninjau daftar, gulir ke bawah halaman “Hapus Akun Google”. Di bagian bawah, aktifkan kedua kotak dan klik “Hapus Akun.”.

2. Cara Menghapus Akun Lewat Ponsel Android

- Buka pengaturan di setiap gadget yang digunakan berbasis sistem Android

- Pilih sub menu ‘akun’ yang akan dihapus.

- Setelah memilih akun yang akan dihapus, pilih akun Google

- Ketuk Hapus Akun .

- Konfirmasikan dengan mengetuk Hapus Akun.

- Jika ini merupakan satu-satunya akun Google di ponsel, pengguna harus memasukkan pola, PIN, atau sandi ponsel untuk keamanan.

3. Cara Menghapus Akun Lewat Ponsel iPhone

- Buka Pengaturan dan buka pengaturan untuk Mail, Kontak, atau Kalender .

- Pada halaman berikutnya, ada bagian yang disebut Akun . Ketuk di atasnya.

- Ketuk salah satu akun yang ingin dihapus.

- Ketuk Hapus Akun di bagian bawah.

4. Mengamankan Data

Sebelum menghapus akun Google, ada baiknya anda melakukan back up seluruh data yang tertaut pada email tersebut mulai dari media sosial, perbankan, atau aplikasi lainnya. Berikut poin yang perlu Anda cermati:

- Perhatikan lebih dulu akun yang Anda miliki untuk dipelajari bagaimana akun akan dinonaktifkan agar data yang ada sebelumnya tidak terhapus.

- Perbarui terlebih dahulu informasi pemulihan akun sebelum menghapusnya, langkah ini ditujukan jika suatu saat akan memulihkan kembali akun Google.

- Lakukan backup data

Itulah cara menghapus akun google melalui ponsel maupun komputer. Pastikan data Anda sudah aman terlebih dahulu sebelum menghapus akun ya!

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait