alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Pahlawan Ini Diusulkan Jadi Nama Jembatan Leuwigajah, Warga Cimahi Pilih yang Mana?

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 13 Januari 2022 | 07:00 WIB

10 Pahlawan Ini Diusulkan Jadi Nama Jembatan Leuwigajah, Warga Cimahi Pilih yang Mana?
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jembatan Leuwigajah, Kota Cimahi, Rabu (12/1/2022). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Jembatan Leuwigajah sendiri dibangun tahun 2020 dan rampung tahun 2021 dengan menelan anggaran hingga Rp 23 miliar.

SuaraJabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan Jembatan Leuwigajah yang baru diresmikan pada Rabu (12/1/2022) diberi nama yang diambil dari pahlawan Kota Cimahi.

Jembatan Leuwigajah sendiri berada di Cimahi Selatan, Kota Cimahi yang menghubungkan dengan dua daerah lainnya yakni Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Bandung Barat. Posisinya berada di atas Ruas Tol Purbaleunyi KM 127 dan tepat di atasnya trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Kita cari nanti namanya. Usulan kami nama pahlawan dari Kota Cimahi. Pengorbanannya kemuliannya dijadikan nama jembatan di sini," kata pria yang kerap disapa Kang Emil itu.

Jembatan Leuwigajah sendiri dibangun tahun 2020 dan rampung tahun 2021 dengan menelan anggaran hingga Rp 23 miliar. Panjangnya mencapai 47,8 meter, dengan lebar 9 meter.

Baca Juga: Jembatan di Simeulue Ambruk Dihantam Banjir, BPBD Siapkan Perahu Karet

Jembatan tersebut dibangun untuk mengurai kemacetan di wilayah tersebut. Sebab, sebelumnya hanya ada satu jembatan yang hanya memuat dua lajur kendaraan.

"Ini istimewa, ada jalan tol, ada jalur kereta api cepat. Jembatan Leuwigajah yang tadinya sempit sekarang sudah membesar dengan dua jalur. Ini untuk mempermudah akses kegiatan masyarakat setiap hari," ujar Kang Emil.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil menyebutkan tahun ini ada 40 proyek serupa yang dibangun di berbagai daerah di Jawa Barat.

Menurutnya, banyaknya proyek yang digarap merupakan sinyal bahwa ekonomi perlahan mulai bangkit ditengah pandemi COVID-19 ini.

Berikut nama-nama pahlawan asal Kota Cimahi yang Bisa Dijadikan Nama Jembatan Leuwigajah

Baca Juga: Cat Jembatan Mahakam Kukar Tetesi Mobil Masyarakat, Warganet Ramai Minta Tanggungjawab Pemkab

1. Daeng Muhammad Ardiwinata
2. Jenderal Amir Machmud
3. MK Wiganda Sasmita
4. Dra Djulaeha Karmita
5. Raden Embang Artawidjaya
6. KH Usman Domiri
7. HMS Mintaredja
8. Rd Demang Hardjakusumah
9. Encep Kartawiria
10. OR Mahar Martanegara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait