facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Anak Jalanan di Kabupaten Sukabumi Jadi Target Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 19 Januari 2022 | 05:00 WIB

Anak Jalanan di Kabupaten Sukabumi Jadi Target Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun
Ilustrasi anak jalanan.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun khusus anak jalanan, pengamen, dan anak putus sekolah ini dilakukan setelah pemberian vaksin untuk anak sekolah dasar (SD).

SuaraJabar.id - Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara mengatakan pihaknya menyasar anak jalan, pengamen, dan anak putus sekolah dalam upaya percepatan vaksinasi COVID-19 untuk anak berusia 6-11 tahun.

Rika menambahkan, anak jalanan disasar untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 demi memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

"Anak jalanan, pengamen dan anak putus sekolah merupakan salah satu kelompok rawan, maka dari itu kami tengah berkoordinasi dengan dinas terkait teknis pelaksanaan vaksinasi untuk mereka," kata Rika, Selasa (18/1/2022) dikutip dari Antara.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun khusus anak jalanan, pengamen, dan anak putus sekolah ini dilakukan setelah pemberian vaksin untuk anak sekolah dasar (SD) yang saat ini tengah berlangsung di berbagai sekolah di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Pertama di Cianjur, Usai Divaksin Murid PAUD Sempat Kejang-kejang Hingga Akhirnya Meninggal Dunia

Agar pelaksanaannya berjalan lancar, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi.

Koordinasi ini selain untuk menentukan teknis pelaksanaan, juga data anak jalanan, pengamen serta anak putus sekolah berusia 6-11 yang merupakan warga Kabupaten Sukabumi.

Sebab, katanya, kemungkinan tidak seluruhnya merupakan warga Kabupaten Sukabumi.

Namun demikian, pihaknya akan tetap memperhatikan hak mereka untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19.

Selain rawan tertular karena aktivitas mereka berpindah-pindah tempat, bahkan hingga luar daerah, katanya, mereka pun bisa menjadi pembawa virus.

Baca Juga: Lebihi Target Capaian Vaksin Anak, Dinkes Sebut 101 Persen Siswa di Kota Yogyakarta Tervaksin Dosis 1

"Seluruh anak di Kabupaten Sukabumi berhak mendapatkan imunisasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka dari serangan COVID-19, tentunya ini menjadi perhatian kami apalagi seperti diketahui virus ini terus bermutasi dan sudah ada varian barunya yakni Omicron," tambahnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait