facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bandara Husein Sastranegara Bakal Kembali Buka Penerbangan Internasional, Pedagang Pasar Baru Semringah

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 28 April 2022 | 17:17 WIB

Bandara Husein Sastranegara Bakal Kembali Buka Penerbangan Internasional, Pedagang Pasar Baru Semringah
Pengunjung memadati Pasar Baru Trade Center, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

"Kiranya, itu juga menjadi kabar baik untuk pariwisata di Kota Bandung secara umum, bukan hanya angka transaksi di Pasar Baru," ujar Iwan.

SuaraJabar.id - Rencana Bandara Husein Sastranegara Bandug untuk kembali membuka penerbangan internasional disambut baik oleh pedagang di Pasar Baru Bandung.

Pasalnya, banyak pembeli di Pasar Baru merupakan turis asing dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Iwan Suhermawan hal tersebut disambut sangat baik oleh para pedagang mengingat, pengunjung Pasar Baru dari luar negeri kebanyakan berasal dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

"Tentu sangat gembira mendengar informasi itu. Kiranya, itu juga menjadi kabar baik untuk pariwisata di Kota Bandung secara umum, bukan hanya angka transaksi di Pasar Baru," ujar Iwan, Kamis (28/4/2022).

Selama dua tahun belakangan, sepengetahuan Iwan, tidak ada pengunjung mancanegara ke Pasar Baru akibat pembatasan yang diberlakukan selama pandemi Covid-19.

Baca Juga: Begini Kondisi Arus Mudik di Tol Cileunyi di H-4 Lebaran 2022

Namun, lanjut Iwan, pengunjung mancanegara kembali terlihat di Pasar Baru belum lama ini.

"Belum tahu secara tepat, pengunjung mancanegara itu masuk dari pintu mana, perkiraannya dari Cengkareng (Bandara Internasional Soekarno-Hatta)," ucap Iwan.

Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Iwan menyadari, manfaat dari rute penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara yang kembali beroperasi tak akan instan.

Lagi pula, dampak pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi berlaku global, tidak hanya di Indonesia.

Terlepas akan hal itu, Iwan mengatakan, rute penerbangan internasional yang bakal kembali beroperasi di Bandara Husein Sastranegara membagun optimisme bagi para pedagang di Pasar Baru.

"Kami pun optimis, bakal kembali banyak wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Hanya, pemulihannya memang memerlukan waktu," ucap dia.

Perihal tingkat kunjungan Pasar Baru menjelang Idulfitri, Iwan mengatakan, lebih ramai daripada hari-hari biasanya. Dia mencatat, puncak kunjungan 5.000-6.000 pengunjung per hari. Hal itu terjadi pada satu pekan lalu.

Saat ini, ucap Iwan, tingkat kunjungan Pasar Baru masih ramai, tetapi dalam fase melandai. Pihaknya memperkirakan kondisi itu berlaku sampai 30 April 2022.

"Tentu aktivitas jauh menurun pada Idulfitri, jangankan pembeli, pedagangnya pun tak berjualan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Rencana rute penerbangan internasional kembali beroperasi di Bandara Husein Sastranegara mengemuka saat rapat Angkasa Pura II bersama Pemkot Bandung di Balai Kota Bandung, belum lama ini.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, secara prinsip pihaknya mendukung rencana itu, mengingat tren kasus Covid-19 terus bergerak ke arah membaik.

"Angkasa Pura mengajak Pemkot Bandung untuk kembali membuka penerbangan internasional masuk ke Kota Bandung. Prinsipnya, kami sangat mendukung," tutur Yana.

Guna mempercepat upaya tersebut, Pemkot Bandung segera berkirim surat ke Kemenhub agar dapat beroleh izin prinsip penerbangan internasional ke Kota Bandung.

Yana menilai, upaya kembali membuka rute penerbangan internasional menjadi salah satu ikhtiar untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi di Kota Bandung.

Baca Juga: Hukuman Mati Warga Malaysia Tuai Kecaman, Singapura Bela Keputusannya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait