facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Presiden Jokowi Perbolehkan Lepas Masker, Ini Alasan Wali Kota Bandung Tetap Gunakan Masker

Galih Prasetyo Rabu, 18 Mei 2022 | 15:10 WIB

Presiden Jokowi Perbolehkan Lepas Masker, Ini Alasan Wali Kota Bandung Tetap Gunakan Masker
Yana Mulyana mengungkapkan, Jokowi sempat mempertanyakan soal harga minyak goreng yang dinilai masih tinggi di harga Rp 20 Ribu per liter. [Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra]

"Saat ini, presiden mengatakan soal kegiatan outdoor bisa membuka masker. Kita serahkan lagi kepada keyakinan masyarakat,"

SuaraJabar.id - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menanggapi kebijakan pemerintah yang memperbolehkan warga untuk melepas masker ketika di tempat terbuka. Ia mengaku akan tetap menggunakan masker demi kesehatan.

Yana sendiri merupakan penyintas Covid-19. Baginya, penggunaan masker dianggap penting sebagai upaya melindungi diri.

"Bagi orang yang pertama mengalami Covid-19, saya tetap menggunakan masker sebagai alat kesehatan saya," katanya di Gedung Generasi Muda, Kota Bandung, Rabu (18/5/2022).

"Tapi sekali lagi cukup yakin virus covid itu pastinya bermutasi, penyebarannya droplet. Mudah-mudahan penggunaan masker bisa menghindari Covid-19," imbuhnya.

Baca Juga: Sholat Berjamaah di Masjid Boleh Lepas Masker Khusus untuk Jamaah Sehat

Terkait kebijakan tersebut, Yana mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

"Saat ini, presiden mengatakan soal kegiatan outdoor bisa membuka masker. Kita serahkan lagi kepada keyakinan masyarakat," katanya.

Menurut Yana, pandemi Covid-19 di Kota Bandung relatif terkendali. Kondisi tersebut, lanjut Yana, tak terlepas dari progres vaksinasi.

Diinformasikan, untuk vaksinasi dosis pertama di Kota Bandung sudah mencapai 113 persen, dosis kedua sudah 103 persen dan dosis ketiga bar mencapai 34 persen.

"Saya baca dari badan kesehatan dunia (WHO), kalau satu wilayah proses vaksinasinya 100 persen itu secara teori pandemi Covid-19 di wilayah itu beralih menjadi endemi," tutur Yana.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bolehkan Lepas Masker, Gibran Malah Beri Tanggapan Kocak: Padahal Bisa Nambah Ganteng Lho

"Kelihatannya teori terbukti di Kota Bandung karena pada saat Omicron, dari 100 persen yang meninggal, 70 persen itu orang belum dapat vaksin dan 30 persennya komorbid," terangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait