facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buya Syafii Maarif Tutup Usia, Erick Thohir Sampaikan Duka Mendalam: Kita Kehilangan Guru Bangsa

Galih Prasetyo Jum'at, 27 Mei 2022 | 11:21 WIB

Buya Syafii Maarif Tutup Usia, Erick Thohir Sampaikan Duka Mendalam: Kita Kehilangan Guru Bangsa
Ahmad Syafii Maarif atau akrab dipanggil Buya Syafii - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Kabar wafatnya Buya Syafii Maarif disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir

SuaraJabar.id - Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada hari ini, Jumat 27 Mei pukul 10:15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Kabar wafatnya Buya Syafii Maarif disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir melalui akun Twitter pribadinya.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,"

Ucapan duka juga turut disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Lewat akun Twitter pribadinya, Erick Thohir mengatakan bahwa bangsa Indonesia kehilangan guru bangsa.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Sempat Sesak Napas Sebelum Meninggal, Kenali Sebab dan Perawatannya

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT," tulisnya.

"Kita kehilangan guru bangsa, yang selalu menyebarkan kebaikan, kedamaian dan kesejukan,"

Buya Syafi'i Ma'arif bernama lengkap Ahmad Syafii Maarif. Sosok yang dikenal dengan nama Buya Syafi'i Ma'arif ini lahir di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935.

Syafi'i Ma'arif lahir dari pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah.Bungsu dari 4 bersaudara ini belajar agama ke sebuah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah.

Setelah menyelesaikan Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah, Yogyakarta pada 1956, Buya Syafii Maarif melanjutkan studi ke Fakultas Sejarah dan Kebudayaan Universitas Cokroaminoto Surakarta.

Baca Juga: Cendekiawan Indonesia Buya Syafii Maarif Wafat: Sempat Dirawat karena Sesak Nafas

Lalu pada 1968, ia kuliah di IKIP Yogyakarta dengan mengambil jurusan sejarah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait