facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Kampung di Cianjur Terendam Banjir, BPBD Ungkap Penyebabnya

Andi Ahmad S Senin, 20 Juni 2022 | 20:47 WIB

Dua Kampung di Cianjur Terendam Banjir, BPBD Ungkap Penyebabnya
ILUSTRASI banjir rendam rumah di Cianjur, Jawa Barat. [Antara]

Dua kampung terendam banjir tersebut ada di Desa Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

SuaraJabar.id - Dua kampung di Cianjur, Jawa Barat terendam banjir usai hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak sore tadi, Senin (20/6/2022).

Dua kampung terendam banjir tersebut ada di Desa Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, dua kampung yang terendam banjir tersebut yaitu di Kampung Ciranji RT01/04 dan Kampung Sarongge RT02/02.

"Kedua kampung tersebut terendam banjir akibat selokan disekitar lingkungan meluap usai hujan deras dengan intensitas tinggi turun," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Bogor Diguyur Hujan Deras Sejak Sore Tadi, Berikut Kondisi Bendungan Katulampa Saat Ini

Selain itu, kata dia, penyebab banjir tersebut akibat adanya selokan tersumbat sampah.

"Ada sejumlah rumah yang terendam banjir, tidak hanya itu benteng ibadah rusak, sedangkan dampak yang lainnya masih dalam pendataan petugas dilapangan," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah menurunkan sejumlah anggota BPBD, dibantu Relawan Tangguh Bencana (Retana) Desa Sirnagali untuk melalukan penanganan terhadap rumah warga yang terdampak.

"Mudah-mudahan banjirnya tidak akan terjadi lama, karena penyebab banjirnya karena selokan tersebut, dan usai hujan berhenti semoga air yang menggenangi rumah warga dapat segera surut," katanya.

Selain itu, Rudi mengatakan, hujan deras dengan intensitas tinggi juga membuat Jalan Raya Cibeber terendam banjir. Akibatnya arus lalu lintas di ruas tersebut terganggu.

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras Sejak Sore, Dua Kampung di Cianjur Terendam Banjir

"Sementara ini, kami baru menerima ada dua lokasi yang terendam banjir akibat hujan deras yang turun sejak sore tadi. Saat ini petugas BPBD sudah disiagakan dan melakukan penyisiran," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait