facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Temuan 11 Makam Kuno Ciracap, Ada Kaitan dengan Orang Jawa Pertama yang Injakan Kaki di Sukabumi?

Galih Prasetyo Kamis, 07 Juli 2022 | 06:50 WIB

Temuan 11 Makam Kuno Ciracap, Ada Kaitan dengan Orang Jawa Pertama yang Injakan Kaki di Sukabumi?
Batu nisan beraksara kuno di TPU Dumuskadu di Kampung Tangkolo, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com)

"Nama-nama yang ditemukan hanya terdiri dari satu suku kata. Juga di prasasti ada nama tempat Tigalaya, dari aksara cacarakan,"

SuaraJabar.id - Tim peneliti dari Niskala Institute mulai meneliti batu nisan beraksara kuno yang ditemukan di Tempat Pemakaman Umum atau TPU Dumuskadu di Kampung Tangkolo, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Kepala tim peneliti Niskala Institute Muhamad Noza mengatakan penelitian awal dilakukan di area pertama kali batu nisan beraksara kuno ditemukan, terutama dikonsentrasikan pada bagian barat yakni di lahan seluas 65x21 meter persegi.

"Ini hanya sebagai data awal untuk disampaikan ke beberapa pihak. Mudah-mudahan ada analisis dari tim lain yang akan melanjutkan. Tadi yang sudah teridentifikasi ada sekitar 11 makam kuno," kata Noza mengutip dari Sukabumiupdate--jaringan Suara.com

Noza menambahkan ada penemuan makam kuno baru yakni makam yang bertuliskan tahun 1319 Hijriah atau 1901 Masehi. Terkait beberapa tulisan nama pada batu nisan, hal itu masih perlu dikonfirmasi, apakah nama yang dimakamkan atau bukan.

Baca Juga: Arkeolog Peru Temukan Makam Kuno Era Inca di Bawah Tanah Rumah Warga

"Nama-nama yang ditemukan hanya terdiri dari satu suku kata. Juga di prasasti ada nama tempat Tigalaya, dari aksara cacarakan. Tapi semuanya perlu dikonfirmasi," ucapnya.

Ditemukannya tulisan 1319 Hijriah atau 1901 Masehi, kata Noza, mengindikasikan bahwa yang dimakamkan di lokasi tersebut sudah mengenal atau memahami dua angka tahun. Sementara ihwal temuan beberapa nama, Noza mengaku belum bisa menyampaikannya ke publik lantaran masih tahap pembahasan dan diskusi Niskala Institute.

Ditanya soal orang Jawa yang pertama datang ke wilayah Ciracap, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jaringao, Desa Pangumbahan, Noza menyebut belum bisa menyimpulkan keterkaitannya dengan makam kuno di TPU Dumuskadu.

Sebelumnya, Rabu, 15 Juni 2022, warga bernama Agis Prayudi menemukan tiga batu nisan di atas tiga makam yang sudah tidak berbentuk. Agis tidak bisa memastikan aksaran apa di nisan itu. Dia hanya mengenali di nisan setinggi kurang lebih 50 sentimeter dan lebar 70 sentimeter tersebut ada ukiran angka 1904 dan 1914.

Baca Juga: Ada Jimat dan Patung Emas Isis, Arkeolog Temukan Harta Karun di Makam Kuno Ini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait