facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Pernah Surut pada Musim Kemarau, Mata Air Ini Juga Bakal Bereaksi jika Ada Orang yang Berdehem

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 06 Agustus 2022 | 11:38 WIB

Tak Pernah Surut pada Musim Kemarau, Mata Air Ini Juga Bakal Bereaksi jika Ada Orang yang Berdehem
Mata air Cidehem di Ciamis. [HR Online]

Ada juga yang menyebut peninggalan Eyang Jagad Nata Tirta Sukma yang merupakan orang pertama yang berada di tatar Sunda, ujarnnya

SuaraJabar.id - Dusun Citaman, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis memiliki memiliki mata air yang punya keunikan tersendiri.

Mata airt tersebut bernama Cidehem. Dari penuturan warga di sekitar lokasi, mata air tersebut tak pernah surut meski pada musim kemarau.

Yang lebih unik lagi, air di mata air itu bakal mengeluarkan belembung seperti aair mendidih jika ada orang yang berdehem di dekatnya.

Atong sesepuh Dusun Citaman mengatakan, sumber mata air tersebut sebagai salah satu situs bersejarah.

Baca Juga: Gabutnya Kreatif! Pemilik Mobil Boks Ini Pasang Suara Pengingat Lampu Sein

Pasalnya, kata Atong, selain merupakan peninggalan salah satu penyebar agama Islam yang bernama Syekh Abdul Manaf, juga sebagai tempat mandi para raja.

“Ada juga yang menyebut peninggalan Eyang Jagad Nata Tirta Sukma yang merupakan orang pertama yang berada di tatar Sunda,” ujarnnya belum lama ini.

Atong menjelaskan, keunikan sumber mata air tersebut selain airnya jernih, juga tidak pernah surut meski kemarau panjang.

Selain itu, apa bila ada orang yang berdehem, maka dari dasar sumber mata air akan mengeluarkan gelembung layaknya air mendidih. Sehingga lumpur maupun pasir akan menyembur.

Adanya keunikan di sumber mata air itu, kini wisatawan lokal sudah mulai berdatangan, bahkan dari Dinas Pariwisata Ciamis juga sempat berkunjung ke lokasi tersebut.

Baca Juga: Kronologi Bocah Main HP Sambil Di-charge, Meledak hingga Meninggal Dunia dengan Luka Bakar di Dada

Karena itu, ia harap dengan adanya kunjungan dari unsur pemerintah bisa berdampak baik, terutama dapat memberikan bantuan anggaran untuk pengembangan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait