Agung Sandy Lesmana
Jum'at, 08 November 2019 | 21:29 WIB
Salah satu makam di kompleks pemakaman Desa Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya yang mengalami kerusakan. (Ayotasik.com).

Suara.com - Warga digegerkan dengan temuan 27 unit makam dalam kondisi rusak di kompleks pemakaman di Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Anehnya, kerusakan makam hanya terlihat pada bagian kepala berdekatan dengan batu nisan. Kerusakan makam itu baru diketahui pada Jumat (8/11/2019) oleh warga yang akan berziarah ke makam keluarga. Warga kaget melihat adanya lubang bekas galian di bagian atas makam persis di dekat batu nisan.

“Saat makam yang lain dilihat juga sama kondisinya, semuanya itu dibagian dekat batu nisan,“ kata Mamad (40) warga sekitar kepada Ayotasik.com--jaringan Suara.com.

Warga belum mengetahui penyebab adanya bekas galian di 27 makam tersebut. Namun yang pasti berdasarkan hitungan, 27 makam itu mengalami kerusakan sama.

“Kalau sama hewan misalnya, kenapa makamnya banyak. Terus posisinya juga sama,“ tambah Mamad.

Terpisah, Sekretaris Desa Pakemitan M Isak membenarkan adanya kerusakan terhadap 27 makam itu. Pihaknya sudah berkordinasi dengan Polsek Cikatomas dan Polres Tasikmalaya untuk mengetahui penyebab kerusakan.

“Kami belum bisa menjawab penyebab, bisa jadi sama orang yang iseng, atau memang ulah hewan,“ kata Isak. Atas inisiatif pihak desa, kata Isak, warga bergotong royong memperbaiki makam yang rusak terutama di bagian bekas galian dengan tanah.