Galih Prasetyo
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberi materi tausyiah subuh di Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Kota Jogja, Rabu (6/4/2022). [Dok.istimewa]

SuaraJabar.id - Politisi PDI Perjuangan yang juga Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono angkat bicara soal pencalonan presiden yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari sejumlah pihak.

Menurut Ono, siapapun memang boleh mencalonkan diri sebagai presiden, termasuk Ridwan Kamil. Akan tetapi sebagai gubernur, Ridwan Kamil diminta untuk fokus dahulu mengurus provinsi Jawa Barat.

“Kita bisa melihat bahwa pertarungan 2024 kan masih 2 tahun lagi, ya paling tidak saya berharap Gubernur lebih fokus dulu ngurusin Jawa Barat. Karena yang kita lihat saat ini, belum tampak langkah-langkah yang riil untuk membenahi kemiskinan ekstrem di Jawa Barat," kata Ono mengutip dari Kapol.id--jaringan Suara.com, Sabtu (21/5/2022).

"Apalagi ada surat edaran dari Setneg (Sekretariat Negara) bahwa kemiskinan ekstrem di Jawa Barat bertambah dari 5 menjadi 17 kabupaten,”

Baca Juga: Survei: Pasangan Anies-Ridwan Kamil Bisa Mengalahkan Ganjar-Erick Thohir

Diutarakan Ono, Panitia Khusus Laporan Kerja Pertanggungjawaban DPRD Jabar sudah meminta gubernur untuk fokus menangani masalah kemiskinan.

Pansus, menurut Ono, melihat banyak kegiatan atau program yang menjadi prioritas dari gubernur yang belum mencapai target.

“Seperti petani milenial dari target 5.000, informasinya cuma 2.000. Kemudian terkait dengan infrastruktur, infrastruktur yang dibangun cenderung bukan yang bisa mengentaskan kemiskinan. Infrastruktur yang banyak dibuat tidak langsung bisa untuk mengentaskan dan mengurangi kemiskinan di kantong-kantong kemiskinan yang ada di Jawa Barat, seperti alun-alun atau creative centre,” jelas Ono.

Ditegaskan oleh Ono, gubernur harus fokus membantu para Bupati dan Walikota se Jawa Barat guna menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Jabar. Terlebih pandemi Covid-19 sudah mulai melandai, dan masyarakat sangat butuh ditumbuhkan perekonomiannya.

Baca Juga: Peluang Ganjar dan Ridwan Kamil Jadi Capres Kecil, Pengamat Ungkap Cocoknya Isi Posisi Ini

Komentar