Perempuan Bawa Anjing Masuk Masjid Resmi Jadi Tersangka Penistaan Agama

Bangun Santoso
Perempuan Bawa Anjing Masuk Masjid Resmi Jadi Tersangka Penistaan Agama
Bidik layar video viral wanita pembawa anjing marah-marah di dalam masjid. (istimewa)

Penetapan tersangka perempuan bawa anjing ke Masjid Al Munawaroh itu usai gelar perkara dan pemeriksaan saksi oleh polisi

Suara.com - SM (52), wanita yang membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh di kawasan Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kini resmi menyandang status tersangka.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena mengatakan, penetapan status tersangka tersebut berdasarkan hasil gelar perkara dan sejumlah alat bukti serta keterangan saksi-saksi.

"Dari beberapa alat bukti, keterangan lima orang saksi, maka penyidik sudah meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan dan menaikan status SM menjadi tersangka," kata Ita, Selasa (2/7/2019).

Menurut Ita, pasal yang disangkakan kepada SM yakni Pasal 156 KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dikirimkan penyidik (Selasa) pagi ini," katanya.

Meski demikian, dengan adanya keterangan dari pihak keluarga bahwa SM memiliki gangguan kejiwaan, saat ini tersangka masih diobservasi terkait masalah kejiwaan di RS Polri Kramatjati, Jakarta.

"Tersangka masih diobservasi terkait masalah kejiwaan oleh ahli jiwa, untuk memastikan apakah betul yang bersangkutan terganggu kejiwaannya. Kita sudah antarkan ke RS Polri dengan penjagaan dan untuk penanganan kasus berlanjut terus," imbuh dia.

Sebelumnya, beredar di video viral di media sosial seorang wanita yang membawa anjing ke dalam masjid pada Minggu (30/6/2019) siang.

Selain membawa anjing, wanita tersebut juga marah-marah tanpa sebab yang jelas kepada jemaah masjid.

Aksi wanita itu memantik jemaah yang geram dan berusaha mengusir wanita berbaju putih dengan kacamata hitam itu untuk keluar masjid.

Bukannya sadar atas perilakunya, wanita itu justru semakin meradang hingga sempat cekcok dengan seorang jemaah masjid.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS