Bupati: Situ Gunung Trail Run 2019 Jadi Peluang untuk Promosikan Sukabumi

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Bupati: Situ Gunung Trail Run 2019 Jadi Peluang untuk Promosikan Sukabumi
Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamawi. (Suara.com/Ysea Arga)

"Ini baru pertama kali, mudah-mudahan menjadi event rutin tahunan."

Suara.com - Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamawi, menyambut baik gelaran bertajuk "Situ Gunung Trail Run For Nation" yang digagas oleh PT. Arkadia Digital Media. Lomba lari dengan nuansa rekreasi tersebut berlangsung di objek wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (25/8/2019).

Marwan menuturkan, melalui acara ini ada peluang untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Tercatat, ada 416 peserta dari berbagai daerah dan kalangan.

Dari jumlah tersebut, 15 peserta merupakan Warga Negara Asing. Mereka berasal dari Amerika Serikat, Australia, Britania Raya, Jepang, Korea Selatan, Norwegia, Prancis, dan Thailand.

"Ini peluang, bagaimana posisi pertama ini harus memberikan dampak positif bagi para peserta untuk mengkomunikasikan atau mempromosikan. Ini baru pertama kali, mudah-mudahan menjadi event rutin tahunan," ungkap Marwan kepada Suara.com di objek Wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Pelari saat mengikuti Situ Gunung Trail Run (SGTR) 2019 di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8).  [Suara.Com/Oke Atmaja]
Pelari saat mengikuti Situ Gunung Trail Run (SGTR) 2019 di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8). [Suara.Com/Oke Atmaja]

Antusiasme terhadap wisata Situ Gunung kekinian mulai meningkat. Merespon hal tersebut, Marwan mengaku telah merancang konsep ihwal infrastruktur di Kabupaten Sukabumi.

Nantinya, akses tol menunju Kabupaten Sukabumi akan dikembangkan. Tak hanya itu, jalur kereta yang kekinian masih berbentuk solo akan dibuat menjadi doubel track.

"Teman-teman sudah memberikan konsep untuk kawasan Utara dan selatan untuk pengembangan pariwisata khususnya Kabupaten Sukabumi setelah nanti infrastruktur jalan tol, doubel trak kereta api itu masuk sukabumi. Ini potensi yang tidak bisa dihindari, bagaimana masyarakat disini harus siap," sambungnya.

Marwan berpandangan jika gelaran "Situ Gunung Trail Run For Nation" menjadi momentum untuk membangun sebuah destinasi olahraga bernuansa rekreasi. Mengingat, kondisi geografis di Kabupaten Sukabumi memunyai dataran tinggi yang indah dan pesisir pantai selatan yang tak kalah menarik.

"Iya, selain sport tourism pemandangan di sini juga seksi. Dari laut sampai daerah dataran tinggi. Saya beberapa kali naik helikopter untuk meninjau beberapa spot di Sukabumi," kata Marwan.

Pelari saat mengikuti Situ Gunung Taril Run (SGTR) 2019 di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8). [Suara.com/Oke Atmaja]
Pelari saat mengikuti Situ Gunung Taril Run (SGTR) 2019 di Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (25/8). [Suara.com/Oke Atmaja]

Untuk diketahui, ajang ini memperlobakan tiga kategori yang diikuti oleh ratusan peserta. Mulai dari kategori keluarga 5 kilometer, serta kategori 10 kilometer dan 21 kilometer.

Ratusan peserta tersebut mengawali lomba di garis start pada pukul 06.30 untuk kategori lari 21 kilometer. Untuk kategori 10 kilometer dimulai pukul 06.45 WIB dan kategori 5 kilometer dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS