Ridwan Kamil Klaim Angka Reproduksi Covid-19 Jawa Barat di Bawah Satu

Dwi Bowo Raharjo
Ridwan Kamil Klaim Angka Reproduksi Covid-19 Jawa Barat di Bawah Satu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. Humas Jabar)

"Jumlah di rumah sakit turun lagi, minggu lalu 27 persen sekarang menjadi 26 persen."

SuaraJabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim kasus Covid-19 di Jabar berada dalam situasi yang terkendali. Ridwan Kamil mengatakan angka reproduksi kasus Covid-19 yang konsisten berada di bawah 1 selama seminggu terakhir.

"Angka reproduksi Covid-19 tetap di bawah 1. Rata-rata dalam 7 hari ke belakang ada di angka 0,79," ungkap Ridwan Kamil seperti diberitakan ayobandung.com - jaringan Suara.com di Gedung Sate Bandung, Senin (29/6/2020).

Pria yang akrab disapa Emil menuturkan, hal tersebut juga diiringi dengan jumlah kesembuhan pasien positif Covid-19 yang terus bertambah. Dalam satu hari, rata-rata pasien sembuh berada di kisaran 17 orang.

"Jumlah yang sembuh sekarang sudah melebihi jumlah yang sakit atau masih dirawat (positif aktif). Kesembuhan rata-rata 17 orang perhari," ungkapnya.

Selain itu, Kang Emil mengatakan saat ini jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit juga terus menurun.

Setelah okupansi ruang rawat pasien Covid-19 berada di angka 27 persen pada minggu lalu, saat ini angka tersebut kembali turun 1 persen.

"Jumlah di rumah sakit turun lagi, minggu lalu 27 persen sekarang menjadi 26 persen. Saya doakan mudah-mudahan terus sampai akhirnya 0 persen dan tidak ada lagi yang dirawat," ungkapnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Covid-19 Jabar juga saat ini masih terus mengejar target pengetesan masif untuk menemukan peta persebaran kasus yang lebih akurat. Kapasitas pengetesan saat ini telah mencapai 2.000 sampel PCR per-hari.

"Dalam seminggu sudah bisa tes hampir 14 ribu sampel PCR," ungkap Emil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS