Dilanda Kebakaran, Pondok Pesantren di Puncak Bogor Ludes Dilalap Api

Bangun Santoso
Dilanda Kebakaran, Pondok Pesantren di Puncak Bogor Ludes Dilalap Api
Ilustrasi kebakaran. (Shutterstock)

Para santri yang kaget sempat panik dan beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu

SuaraJabar.id - Pondok pesantren di Kawasan Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, bernama Al Golibiah ludes terbakar api diduga akibat korsleting pada Selasa (14/7/2020).

Kepala Unit Damkar Sektor Ciawi Kabupaten Bogor, Nendri menyebutkan, meski sudah mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran, tapi tak mampu menyelamatkan bangunan yang berlokasi di Kampung Sukaresmi, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor itu.

"Itu bahan bangunannya mudah terbakar terbuat dari kayu dan bambu, dari atapnya aja bukan genteng dan disana bangunannya banyak hangus semua," ujarnya sebagaimana dilansir Antara, Rabu (15/7/2020) pagi.

Di samping itu, petugas damkar juga menemui sejumlah kendala saat melalukan proses pemadaman yang berlangsung sekitar dua jam itu, seperti sulitnya akses masuk armada damkar ke tempat kejadian perkara (TKP).

Meski bangunan pesantren milik Ustaz Umar itu kini tak berbentuk, beruntung tidak ada korban jiwa yang disebabkan oleh peristiwa tersebut. Api yang menghanguskan seisi pesantren itu juga tidak merembet ke rumah-rumah di sebelahnya yang berdempetan.

"Enggak sampai sih (ke rumah warga), cuman hangus kobong nya (asrama) saat itu memang ada santri sama ustaz bahu-membahu pemadaman awal pakai manual, ember," paparnya.

Nendri menyebutkan bahwa peristiwa yang sempat membuat geger para santri itu diduga akibat korsleting listrik yang merembet ke meterial bangunan yang relatif mudab terbakar.

"Iya sudah enggak bisa buat aktivitas belajar-mengajar buat santrinya dan alhamdulilah enggak ada merembet kemana-mana dan kerugian belum bisa kita perkirakan," kata Nendri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS