facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Hari, Perairan di Selatan Sukabumi Digoncang 6 Gempa Bumi

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 03 Oktober 2020 | 21:35 WIB

Dua Hari, Perairan di Selatan Sukabumi Digoncang 6 Gempa Bumi
Tangkapan layar BMKG. [sukabumiupdate.com]

Ini adalah gempa ke 6 yang tercatat terjadi di lokasi tidak berjauhan dari lima gempa sebelumnya dalam dua hari terakhir.

SuaraJabar.id - Warga Desa Tegalega Kecamatan Cidolog Kabupaten Sukabumi lari berhamburan ke luar rumah saat merasakan guncangan gempa pada Sabtu petang (3/10/2020) menjelang Magrib.

Hal ini diungkapkan Dede Rusyandi (45 tahun) warga Kampung/Desa Tegalega Kecamatan Cidolog kepada sukabumiupdate.com-jaringan suara.com, melalui pesan singkat. “Saat itu pas mau shalat Magrib, tiba tiba rumah bergoyang bergetar saya langsung loncat ke luar rumah,” jelas Dede, Sabtu malam.

Beruntung menurut Dede, guncangan kuat tersebut tidak berlangsung lama. “Tetangga juga merasakan juga berhamburan keluar rumah,” sambungnya. Gempa tersebut juga membuat aliran listrik di kampung Tegalega sempat padam namun tidak lama.

“Alhamdulilah tidak lama. Rumah kami tidak ada yang rusak. Kaget aja,” pungkas Dede Rusyandi.

Baca Juga: Dua Petugas Damkar Sukabumi Tersengat Listrik saat Padamkan Api

Gempa yang dilaporkan Dede ini menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) terjadi pukul 17:46:46 WIB dengan kekuatan magnitude 3.8. Gempa berpusat di laut sekitar perairan selatan Sukabumi antara Ujung Genteng hingga Tegelbuleud atau 7.94 LS - 106.61 BT dengan kedalaman 2 kilometer.

Ini adalah gempa ke 6 yang tercatat terjadi di lokasi tidak berjauhan dari lima gempa sebelumnya dalam dua hari terakhir. Gempa ke lima juga terjadi hari ini, pukul 13:16:44 WIB tak jauh dari lokasi tersebut dengan kekuatan magnitudo 3.7.

Gempa kelima ini dari data BMKG berlokasi di laut 7.93 LS - 106.59 BT dengan kedalaman 6 kilometer. Sementara empat gempa lainnya terjadi pada hari Jumat kemarin dalam rentan waktu tidak berjauhan.

Seperti diberitakan sukabumiupdate.com-jaringan suara.com, gempa pertama hari Jumat terjadi pukul 11:15:34 WIB, berkekuatan magnitudo 3.2, dengan episentrum 7.74 lintang selatan dan 106.55 bujur timur, kedalaman 33 kilometer.

Kemudian gempa kedua terjadi pada pukul 12:12:29 WIB, berkekuatan magnitudo 3.0, dengan episentrum gempa berada di koordinat 7.69 lintang selatan dan 106.55 bujur timur, berlokasi di laut pada jarak 77 kilometer selatan Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 33 kilometer.

Baca Juga: Menristek Minta Pembangunan di Derah Rawan Bencana Perhatikan Hal Ini

Lalu gempa ketiga terjadi pada pukul 16:53:23 WIB, berkekuatan magnitudo 3.4, dengan episentrum gempa berada di lokasi 7.85 LS - 106.67 BT, di laut sekitar perairan Ujung Genteng (96 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi) dengan kedalaman 15 kilometer.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait