alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Harapan Aktivis Keberagaman pada Menag Gus Yaqut

Ari Syahril Ramadhan Minggu, 27 Desember 2020 | 10:50 WIB

Harapan Aktivis Keberagaman pada Menag Gus Yaqut
Menag Gus Yaqut mengunjungi Gereja Blenduk (suara.com /Dafi Yusuf) 

Yaqut pun, kata dia, memiliki latar belakang yang cukup baik untuk masalah toleransi antar umat beragama.

SuaraJabar.id - Pegiat isu-isu keberagaman dari komunitas Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (Jakatarub) Wawan Gunawan memiliki harapan besar terhadap Yaqut Cholil Qoumas yang baru saja menjabat Menteri Agama.

"Saya melihat harapan baru karena lihat dari pidatonya (Yaqut) komitmen dia buat keberagaman bagus. Bagi saya itu ya komitmennya bagi masalah keberagaman," ucap Wawan kepada Suara.com, baru-baru ini.

Wawan menilai kepemimpinan Yaqut di Kementerian Agama sepertinya akan membawa angin segar untuk tetap menjaga keberagaman di Indonesia. Hal itu tercermin dari pidato Yaqut saat mengucapkan selamat Natal untuk umat Kristiani.

"Sehari kemudian dia bikin video singkat tentang ucapan selamat Natal secara jelas," ujarnya.

Baca Juga: Gus Yaqut Klarifikasi Pernyataannya Soal Lindungi Syiah dan Ahmadiyah

Yaqut pun, kata dia, memiliki latar belakang yang cukup baik untuk masalah toleransi antar umat beragama. Wawan mengatakan tinggal bagaimana gagasan-gagasan Yaqut ini bisa diserap oleh elemen masyarakat Indonesia yang notabene Bhineka Tunggal Ika.

"Jika kita lihat track record-nya juga Gus Yaqut bagus dalam menjaga NKRI, memiliki wawasan kebangsaan yang keren jadi harapan baru lah, ya optimis. Tinggal bagaimana gagasan Gus Yaqut ini bisa turun ke ribuan pegawai Kemenag yang ada di bawah kan itu masalahnya," jelasnya.

Selain itu, rekam jejak organisasi yang digeluti Yaqut terbilang mumpuni untuk urusan isu-isu toleransi. Sebut saja, kata dia, Yaqut merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor yang merupakan organisasi kepemudaan ormas Nahdlatul Ulama.

"Jadi kalau rekam jejak terus lihat kemarin statemennya, latar belakang organisasinya juga saya kira bagus ya, Banser, NU, yang punya komitmen kuat terhadap keberagaman keindonesiaan," tukasnya.

Kontributor : Aminuddin

Baca Juga: Komunitas Syiah Sambut Baik Pernyataan Gus Yaqut

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait