alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gempa Pangandaran, Warga Dekat Episentrum Justru Tak Rasakan Getaran

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 15 Januari 2021 | 23:00 WIB

Gempa Pangandaran, Warga Dekat Episentrum Justru Tak Rasakan Getaran
ILUSTRASI Pantai Pangandaran (Antara)

"Malah tahu ada gempa dari Instagram. Saya malah kaget soalnya tidak merasakan apa-apa," ujar seorang warga Pangandaran.

SuaraJabar.id - Beberapa warga Kabupaten Pangandaran mengaku tidak merasakan getaran atau guncangan dari gempa bumi tektonik kekuatan magnitudo 4,7 skala richter (SR) pada Jumat (15/1/2021) sekira pukul 21.17 WIB tadi.

Andi Nuroni, pegiat literasi di Pangandaran mengatakan dirinya tengah mengendarai kendaraan bermotor ketika gempa terjadi.

"Tidak terasa ada getaran," kata Andi ketika dihubungi.

Senada dengan Andi, Endin warga Pangandaran lainnya mengatakan ia tengah berada di dekat pintu masuk kawasan Pantai Pangandaran.

Baca Juga: Dampak Gempa Pangandaran, Puluhan Rumah di Tasikmalaya Rusak

Ia mengaku sama sekali tidak merasakan ada getaran atau goncangan seperti layaknya beberapa gempa yang pernah terjadi sebelumnya.

"Malah tahu ada gempa dari Instagram. Saya malah kaget soalnya tidak merasakan apa-apa. Teman saya juga sama (tidak merasakan getaran)," ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp.

Gempa tersebut diketahui berlokasi di 8,48 LS-108,66 BT atau 88 kilometer tenggara Kabupaten Pangandaran di kedalaman 57 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan, jika diperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Hal tersebut terjadi karena aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Baca Juga: Gempa Pangandaran Terasa sampai Jateng dan Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi juga dirasakan di Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Banjar, hingga Garut.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hingga pukul 21:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tulisnya melalui keterangan resmi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait