alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Tanam Emas Hijau di Rumah, Harganya Bisa sampai Rp10 Juta Sekilo

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 21 Januari 2021 | 11:22 WIB

Tips Tanam Emas Hijau di Rumah, Harganya Bisa sampai Rp10 Juta Sekilo
Olahan makanan menggunakan vanili. Bahan dari perasa ini yakni vanili memiliki nilai ekonomi yang tinggi. [Suara.com]

Benihnya bisa didapat di Dinas Perkebunan kota/kabupaten di Jawa Barat.

SuaraJabar.id - Tanaman vanili atau yang dikenal dengan nama ilmiah Vanilla Planifolia memiliki nilai ekonomi tinggi.

Pada 2018 lalu, vanili kering per kilogramnya dibanderol hingga Rp10 juta. Wajar tanaman vanili disebut sebagai tanaman emas hijau.

Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Hendy Jatnika, harga per kilogram biji kering vanili saat ini mencapai Rp 5 juta. Tak ayal tanaman berdaun tunggal inipun mulai banyak dilirik masyarakat.

Namun, Hendy menyarankan agar masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman vanili tidak sembarangan. Pasalnya, tanaman ini termasuk tanaman yang cukup sulit dirawat.

Baca Juga: Kota Bekasi Paling Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Kendalanya, kata dia, biasanya muncul berbagai jenis penyakit yang menyerang tanaman vanili. Secara umum penyakit itu disebabkan oleh jamur lantaran lembabnya suhu di area tempat tanam. Sehingga budidaya vanili pun berujung gagal.

Hendy mengatakan sebaiknya mengkonsultasikan dulu dengan Dinas Perkebunan di daerah masing-masing untuk dilakukan pendampingan bagi warga yang berminat membudidaya vanili.

"Tentunya pertama kita tanya dulu ke Disbun kabupaten terkait kecocokan lahannya karena tidak bisa asal tanam misalkan dari ketinggian untuk tanaman vanili yang cocok gimana," kata Hendy kepada Suara.com, Rabu (20/1/2021).

Penyerahan bibit pohon vanili dari pemerintah ke petani. Di Desa Kadununggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi vanili ditanam di lahan seluas 1 hektar. [Sukabumiupdate.com/CRP 10]
Penyerahan bibit pohon vanili dari pemerintah ke petani.  [Sukabumiupdate.com/CRP 10]

Tanaman vanili cocok dibudidaya di dataran rendah dengan curah hujan yang tidak terlalu tinggi dan iklim udara yang agak panas di kisaran 35-40 derajat celsius.

Sebetulnya, kata dia, di era digital tidak terlalu sulit untuk mendapat informasi atau pengetahuan tentang tata cara budidaya tanaman vanili.
Hendy mengatakan asupan informasi bisa didapat melalui jurnal-jurnal ilmiah yang sudah dipublikasi ataupun melalui kanal YouTube.

Baca Juga: BNPB Peringatkan Dusun Bojongkondang Sumenang Bisa Terjadi Longsor Susulan

"Kalau petani milenial bisa akses lewat internet seperti YouTube juga banyak, kemudian ada lewat jurnal juga forum-forum sudah banyak sekarang," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait