alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Buka Puasa Bandung Raya 13 April 2021

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 13 April 2021 | 17:19 WIB

Jadwal Buka Puasa Bandung Raya 13 April 2021
Suasana Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat, Jumat (21/9). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

Menyegerakan berbuka (tajl al-fithr) bila telah yakin masuknya waktu berbuka puasa (waktu maghrib).

SuaraJabar.id - Azan magrib akan berkumandang pada pukul 15.56 WIB untuk wilayah Bandung Raya pada hari pertama di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah atau Selasa, 13 April 2021.

Dengan demikian, jadwal buka puasa hari ini untuk Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat adalah pukul 15.56 WIB.

Sangat dianjurkan untuk segera membatalkan puasa begitu waktunya telah tiba.

Berikut tata cara berbuka puasa sesuai tuntunan dilansir dari Jabar.NU.or.id:

Baca Juga: Panduan MUI untuk Umat Muslim Jalani Prokes Selama Ramadhan

1. Menyegerakan berbuka (ta‘jîl al-fithr) bila telah yakin masuknya waktu berbuka puasa (waktu maghrib).

2. Berbuka terlebih dahulu sebelum shalat maghrib.

3. Sebelum berbuka puasa, terlebih dahulu diawali dengan membaca Basmalah, yakni Bismillâhir rahmânir rahîm secara lengkap atau secara singkat Bismillâh, karena merupakan perbuatan yang baik. Apabila lupa membaca Basmalah sebelum makan, maka ketika ingat membaca Bismillâhi awwalahu wa âkhirahu (Dengan Nama Allah sejak awal dan akhir makan/minum).

4. Kemudian makan kurma, disunahkan ganjil 3 (tiga) butir atau lebih (misalnya 5 butir), terutama kurma basah (ruthab), bila tidak ada kurma basah, maka dengan kurma kering (tamr).

5. Jika tidak ada kurma basah atau kurma kering, maka disunnahkan berbuka dengan minum air, terutama air Zamzam sebanyak 3 (tiga) tegukan.

Baca Juga: Lengkap! Doa Buka Puasa dan Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Artinya

6. Jika tidak ada air Zamzam, maka berbuka dengan air (berasal) dari Sungai Nil. Jika tidak ada air Zamzam dan air (berasal) dari Sungai Nil, maka minum air biasa, air mineral atau air kemasan --selain Zamzam atau air bersumber dari Sungai Nil. Hal ini berdasarkan urutan keutamaan air yang dikemukakan oleh para ulama sebagaimana disebutkan dalam nazham oleh imam At-Tâj As-Subkî. Urutan air yang utama: pertama, air yang memancar dari jari jemari Nabi SAW; kedua, air zamzam; ketiga, air telaga Kautsar; keempat, air sungai Nil; kelima, air dari sungai-sungai lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait