alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Termasuk Bandung Raya, 11 Daerah di Jawa Barat Waspada Banjir 2 Hari Ini

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 14 April 2021 | 17:30 WIB

Termasuk Bandung Raya, 11 Daerah di Jawa Barat Waspada Banjir 2 Hari Ini
ILUSTRASI Banjir Bandung. (AyoBandung)

Selain banjir, beberapa wilayah di Jawa Barat juga berpotensi terjadi hujan es dan angin kencang.

SuaraJabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung telah mengeluarkan proyeksi cuaca untuk dua hari ke depan, pada 15-16 April 2021. Setidaknya 11 kabupaten kota di Jawa Barat diingatkan untuk waspada bencana hidrometeorologis, terutama banjir atau banjir bandang.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengungkapkan, 11 daerah yang dinyatakan berstatus waspada itu berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) banjir maupun banjir bandang.

Adapun untuk wilayah Bandung Raya status waspada di antaranya berlaku di Cimenyan, Margaasih, Margahayu, Kutawaringin (Kabupaten Bandung). Lalu, Lembang, Parongpong, Cisarua, Cikalong Wetan, Padalarang. Ngamprah, Waduk Batujajar, Cihampelas, Cililin, Cipongkor, Cipatat Saguling, Cipeundeuy (Kabupaten Bandung Barat).

Selanjutnya, Cidadap, Sukasari, Sukajad, Cicendo, Bandung Kulon, Andir, Bojongloa Kaler, Babakan Ciparay, Astanaanyar, Regol, Sumur Bandung, Lengkong. Bandung Wetan, Coblong. Cibeunying Kaler, Gibeunying Kidul, Batununggal Bojongloa Kidul (Kota Bandung).

Baca Juga: Hujan Es di Bekasi Sebesar Kelingking Jelang Buka Puasa

Serta Kota Cimahi yang meliputi Cimahi Utara, Cimahi Tengah dan Cimahi Selatan.

Di luar Bandung Raya, status waspada itu juga berlalu untuk sejumlah kawasan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta.

Disampaikan Teguh, secara umum indeks labilitas masih menunjukkan kondisi atmosfer cenderung tidak stabil, sehingga masih terdapat potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang oleh awan Comolunimbus.

"Masih terdapat potensi terjadinya puting beliung dan hujan es dalam waktu singkat dan bersifat lokal dalam sepekan ke depan," jelas Rahayu melalui laporannya kepada Suara.com, Rabu (14/4/2021).

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan waspada, berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Baca Juga: Duet Most Wanted Jambret Daniel dan Erlan Akhirnya Berhasil Diciduk

"Tenang dan waspada, berhati- hati ketika beraktifitas di luar rumah dan mengurangi kegiatan di luar apabila tidak penting," tandasnya. [M Dikdik RA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait