alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wajib Tahu, Ini 9 Rahasia Keutamaan Sahur

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 15 April 2021 | 03:57 WIB

Wajib Tahu, Ini 9 Rahasia Keutamaan Sahur
ILUSTRASI makan sahur. (Shutterstock)

Makan sahur membantu menghilangkan kemarahan dan tabiat buruk yang bisa timbul karena terlalu lapar saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

SuaraJabar.id - Sahur membantu meningkatkan daya tahan tubuh seorang Muslim ketika menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan umatnya untuk melakukan sahur. Ganjaran pahala bakal didapat seorang Muslim yang melaksanakannya.

Selain itu, makan sahur ternyata memiliki keutamaan lain. Dalam Syarah Shahih Bukhari Hafizh Ibnu Hajar Rahmatullah alaih mengemukakan beberapa alasan tentang keberkahan sahur.

Menurut Ibnu Hajar setidaknya ada sembilan keutamaa makan sahur. Pertama dengan makan sahur, berarti kita telah menjalankan sunnah Baginda Rasulullah SAW. Kedua dengan makan sahur, kita membedakan diri kita dengan ahli kitab (Yahudi dan Nasrani).

Baca Juga: Heboh Nella Kharisma dan Suami Masak Sahur, Netizen: Mereka Nasrani

"Kita diperintahkan agar berbeda dengan mereka dengan segala hal," katanya.

Ketiga makan sahur menambah kekuatan beribadah, keempat makan sahur meningkatkan kelapangan hati dalam beribadah, kelima,makan sahur membantu menghilangkan kemarahan dan tabiat buruk yang bisa timbul karena terlalu lapar.

Keenam, waktu sahur adalah saat yang baik untuk membantu tetangga fakir miskin yang datang meminta bantuan, ketujuh waktu sahur adalah saat doa-doa kita dikabulkan.

Kedelapan, dengan keberkahan makan sahur, kita mendapat taufik untuk berdoa. Sembilan, dengan keberkahan makan sahur kita mendapatkan Taufik untuk berdzikir.

"Danyak lagi tentang keutamaan sahur seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW," katanya.

Baca Juga: Ini Doa Rasulullah Sebelum Bersantap Sahur

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait