alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM Darurat Disebut Bikin Harga Cabai Rawit Semakin Pedas

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 07 Juli 2021 | 15:04 WIB

PPKM Darurat Disebut Bikin Harga Cabai Rawit Semakin Pedas
ILUSTRASI Seorang Ibu rumah tangga memilih cabai rawit di pasar. [ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman]

Kenaikan ini diduga akibat adanya sejumlah pembatasan selama PPKM Darurat diterapkan sehingga distribusi cabai rawit terganggu.

SuaraJabar.id - Harga cabai rawit merah di asar Cipanas dan Pasar Induk Cianjur (PIC) terpantau mengalami kenaikan. Harganya saat ini sudah menyentuh Rp 50-60 ribu per kilogramnya.

Dari penuturan seorang pedagang sayur di Pasar Cipanas, Ahmad (40), kenaikan harga cabai rawit ini terjadi saat memasuki masa PPKM Darurat.

Sebelum PPKM Darurat kata dia, harga cabai rawit merah berada di kisaran Rp 30 ribu per kilogram.

Ia menduga, kenaikan ini akibat adanya sejumlah pembatasan selama PPKM Darurat diterapkan sehingga distribusi cabai rawit terganggu.

Baca Juga: Selama PPKM Darurat, KPK Klaim Awasi Penyaluran Bansos Covid-19 ke Masyarakat

“Sekarang harga cabai rawit merah itu di Rp50 ribu rupiah per kilogram. Sebelumnya itu Rp30 ribu rupiah per kilogram, naik Rp20 ribu. Karena cuaca mungkin para petani jadinya sulit produksi, juga distribusi yang banyak pembatasan,” kata dia, rabu (7/7/2021).

Sementara itu, untuk harga komoditi lainnya tidak mengalami kenaikan. Seperti cabai merah kriting dan cabai merah besar, semuanya berada di kisaran harga standar.

“Cabai merah kriting harganya Rp20 ribu per kilogram, kalau cabai merah besar itu Rp28 ribu per kilogram, standar harganya enggak ada kenaikan,” jelasnya.

Selain itu, beberapa komoditi seperti kentang, bawang putih, dan bawang merah tetap berada di harga standar. Ahmad mengatakan, tidak ada kenaikan harga yang berarti.

“Kentang per kilogramnya seharga Rp14 ribu. Kalau bawang putih harga per kilonya itu Rp26 ribu, bawang merah Rp30 ribu per kilogram. Sama, masih standar,” paparnya.

Baca Juga: Nakes RS Nangis Merengek Minta Masuk Surabaya Tetap Ditolak Polisi

Pedagang sayur lainnya, Maman (39) mengungkapkan, hanya harga cabai rawit merah yang naik. Ia menyebut, harga komoditi lainnya masih standar, hanya sepi pembeli saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait