alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Pemanjat Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Tebing Gunung Hawu

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:00 WIB

8 Pemanjat Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Tebing Gunung Hawu
Peserta upacara memberi hormat pada bendera Merah Putih rasasa yang dibentangkang di tebing Gunung Hawu, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (17/8/2021). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

"Ini bentuk dan cara kita mensyukuri Hari Kemerdekaan. Sekarang kita mensyukuri, kemudian melindungi dan menjaga tanah air kita," kata koordinator kegiatan.

SuaraJabar.id - Sebuah bendera merah putih berukuran raksasa berkibar di tebing Gunung Hawu di Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Selasa (17/8/2021).

Bendera merah putih dikibarkan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76. Pengibaran bendera berukuran 10x15 meter itu dilakukan delapan orang pemanjat tebing.

Peserta upacara Hari Kemerdekaan berasal dari perwakilan Pemdes setempat, komunitas panjat tebing hingga perwakilan mahasiswa se-Bandung Raya. Pelaksanaan berlangsung menggunakan protokol kesehatan.

"Ini bentuk dan cara kita mensyukuri Hari Kemerdekaan. Sekarang kita mensyukuri, kemudian melindungi dan menjaga tanah air kita," kata Hasan Husaeri, koordinator upacara pengibaran bendera merah putih.

Baca Juga: Diguncang Gempa 4.5 M, Warga Tasikmalaya Ngaku Tak Rasakan Getaran

Dikatakannya, sebelum pengibaran ini ia bersama rekan-rekannya sudah melakukan persiapan matang.

Pengibaran bendera merah putih itu menggunakan instalasi yang sudah dipasang sebelumnya untuk menaikan dan menurunkan bendera tersebut.

"Kemudian benderanya dipasang pakai tali, sehingga tinggal ditarik," ucapnya.

Ada berbagai kendala ketika pengibaran bendera. Pada saat simulasi pengibaran bendera raksasa yang berlangsung pada Senin (16/8/2021), angin mengarah ke sebelah selatab.

"Kemudian saat pelaksanaan pagi dan arah angin berubah ke utara. Jadi saat ditarik banyak gangguan. Benderanya berbalik arah," ucapnya.

Baca Juga: Berlatar Gunung Merapi, Sang Saka Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Bukit Klangon

Hasan pun menjelaskan pemilihan Gunung Hawu sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih raksasa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait