alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemkab Bandung Barat Usulkan Farm House dan 9 Objek Wisata Lainnya untuk Kembali Dibuka

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 16 September 2021 | 10:59 WIB

Pemkab Bandung Barat Usulkan Farm House dan 9 Objek Wisata Lainnya untuk Kembali Dibuka
Pengunjung Lembang Park and Zoo berinteraksi dengan harimau. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Baru ada satu objek wisata rekreasi di KBB yang sudah dibuka yakni The Lodge Maribaya. Hal itu pun mengundang desakan dari objek wisata lainnya untuk turut dibuka juga.

SuaraJabar.id - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat bakal mengusulkan 10 objek wisata di daerahnya untuk dibuka di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Ada 10 objek wisata yang diprioritaskan untuk diajukan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Objek wisata itu yakni The Great Asia Africa (TGAA), Farm House, Floating Market, Terminal Wisata Grafika Cikole, Dusun Bambu, Orchid Forest, Curug Pelangi, Taman Bunga Begonia, dan Lembang Park and Zoo.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan, 10 objek wisata tersebut diusulkan lantaran sudah mengantongi sertifikat CHSE.

Baca Juga: Ekspor Industri Pengolahan Capai USD11 Miliar, Kemudahan Izin Usaha Minta Dipermudah

"Dan paling siap dari segi protokol kesehatan. Jadi kalau ada arahan kita ajukan top ten objek wisata itu, tinggal penentuan mana yang buka gimana pusat," kata Heri saat dihubungi Suara.com, Kamis (16/9/2021).

Pengunjung Tengah Menikmati Wahana Penangkaran Rusa di TWGC, Lembang, Bandung Barat. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]
Pengunjung Tengah Menikmati Wahana Penangkaran Rusa di TWGC, Lembang, Bandung Barat. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Sejauh ini, baru ada satu objek wisata rekreasi di KBB yang sudah dibuka di masa uji coba yakni The Lodge Maribaya. Hal itu pun mengundang desakan dari objek wisata lainnya untuk turut dibuka juga.

Heri mengatakan, pihaknya masih mengkaji rencana tersebut. Apalagi yang menentukan objek wisata dibuka lagi juga berdasarkan usulan dari Disparbud Pemprov Jawa Barat.

"Sekarang kita masih tunggu arahan pastinya seperti apa. Yang jelas sudah ada satu wisata yang buka dan kita berharap bisa bertambah lagi. Jadi sementara ini yang buka baru 1," terang Heri.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud Bandung Barat David Oot menambahkan jika objek wisata yang diajukan untuk buka nanti juga mesti melakukan pembenahan.

Baca Juga: PPKM Dilongarkan, Bioskop di Solo Raya Segera Buka

"Karena sudah lama tidak buka jadi harus diperhatikan juga keamanan dan kenyamanan sarana dan prasarananya. Untuk aplikasi PeduliLindungi juga nanti kita perhatikan," kata David.

Sebelumnya, pemerintah pusat merilis daftar 20 objek wisata di pulau Jawa yang diizinkan buka selama masa ujicoba di tengah perpanjangan PPKM sampai 13 Agustus mendatang.

Sandiaga Uno mengunjungi Alam Wisata Cimahi, Jumat (10/9/20201). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]
Sandiaga Uno mengunjungi Alam Wisata Cimahi, Jumat (10/9/20201). [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Di Jawa Barat sendiri ada sejumlah objek wisata yang diizinkan buka selama masa ujicoba tersebut. Salah satunya objek wisata The Lodge Maribaya di Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Terpilihlah 20 destinasi. Di jakarta ada dua, di Jawa Barat karena lokasinya luas dimulai dengan beberapa lokasi dan akan terus dievaluasi. Nantinya akan terintegrasi ke aplikasi peduli lindungi dan sertifikasi CHSE," beber Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke Alam Wisata Cimahi (AWC), Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Jumat (10/9/2021).

"Kita akan terus sosialisasi pada masyarakat soal hal ini. Ujicoba ini juga terus dipantau terhadap kepatuhan protokol kesehatan dan grafik angka COVID-19, kalau menurun tentu akan ditambah lagi," jelas Sandiaga.

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait