alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Ciamis, Semua Enak: Galendo, Pindang Gunung, Hingga Mie Golosor

Pebriansyah Ariefana Senin, 11 Oktober 2021 | 07:25 WIB

10 Makanan Khas Ciamis, Semua Enak: Galendo, Pindang Gunung, Hingga Mie Golosor
Pindang Gunung (YouTube PANORAMA C)

Makanan khas Ciamis bisa dipastikan membuat kamu ketagihan.

SuaraJabar.id - Makanan khas Ciamis wajib diketahui untuk pencinta kuliner Jawa Barat. Ini membuat Indonesia kaya akan segala-galanya. Mulai dari kekayaan alam, hingga makanan atau kuliner khas daerah tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kuliner Ciamis. Ciamis adalah yakni sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di utara, Kabupaten Cilacap dan Kota Banjar di timur, Kabupaten Pangandaran di selatan, serta Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Meski bukan kota besar, makanan khas Ciamis bisa dipastikan membuat kamu ketagihan. Dengan begitu, Ciamis patut kamu masukkan dalam destinasi wisata untuk dikunjungi berkali-kali. Artinya, kamu bisa mengunjungi berbagai objek wisata di Ciamis sekaligus mencicipi kuliner khasnya.

Berikut adalah beberapa makanan khas Ciamis yang dijamin membuat perut ketagihan:

Baca Juga: PON Papua: Kalahkan Jabar, Jatim Lolos ke Semifinal Sebagai Juara Grup E

1. Galendo

Galendo merupakan makanan yang terbuat dari sari pati kelapa yang diolah dengan cara direbus sampai ada proses pembentukan minyak. Setelah mengendap, olahan itu menghasilkan minyak dan endapan. Endapan inilah kemudian dikeringkan hingga menjadi serbuk galendo.

Galendo basah ini lalu di-press untuk mengeluarkan minyak yang masih ada sekaligus memadatkan galendo. Setelah itu galendo dikeringkan dan siap dipotong untuk disajikan atau pun dikemas sebagai oleh-oleh.

Galendo pun dapat disajikan dengan beberapa variasi rasa, seperti original, lemon, apel, stroberi, cokelat, dan susu. Harga galendo ini antara Rp50.000 - Rp100.000 per kilogram (kg).

2. Pindang Gunung

Baca Juga: 2 Kawasan Industri di Jawa Barat Akan Ditawarkan ke Investor Timur Tengah

Pindang gunung adalah hidangan ikan berkuah yang memiliki sensasi rasa asam pedas. Biasanya, ikan yang dipakai untuk memasak pindang gunung seperti kakap, kakap merah, tongkol, mangmung atau carwang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait