alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pohon Tumbang Nyaris Timpa Kandang Macan di Kebun Binatang Bandung

Ari Syahril Ramadhan Senin, 18 Oktober 2021 | 13:28 WIB

Pohon Tumbang Nyaris Timpa Kandang Macan di Kebun Binatang Bandung
Sebuah pohon berjenis jenitri kira-kira setinggi lebih 15 meter, diameter batang bawah lebih dari satuan meter, tumbang di Jalan Tamansari, Coblong, Kota Bandung, Senin (18/10/2021). [M Dikdik RA/Suara.com]

Saat batang dipotong menggunakan gergaji mesin, terlihat daging dalam pohon tersebut ternyata telah bolong atau keropos.

SuaraJabar.id - Sebuah pohon besar setinggi lebih dari 15 meter di Jalan Tamansari, Coblong, Kota Bandung tumbang pada Senin (18/10/2021).

Batang pohon tumbang melintang di badan jalan, menimpa dinding pembatas Kebun Binatang Bandung. Bahkan sebagian batang atasnya hampir jatuh di dekat area kandang macan.

Untungnya, pohon tumbang itu tak sampai menimpa area itu sebab tertahan oleh pohon lain di sekitarnya. Tak ada laporan adanya korban dalam kejadian itu.

"Di dalam (area Kebung Binatang) tidak ada orang (tertimpa), itu area parkir dekat kandang macan," ungkap seorang petugas Kebun Binatang Bandung kepada Suara.com, saat ditemui di lokasi kejadian.

Baca Juga: Hujan Angin Terjang Bogor 7 Rumah Rusak, 4 Unit Mobil Ringsek

Berdasarkan keterangan beberapa narasumber di lokasi, pohon jenis jenitri itu tumbang sekitar pukul 09.00 pagi tadi.

Sebab batang pohon itu melintang seluruh lebar jalan, arus lalu lintas sempat berhenti total, lalu para pengendara berbalik arah.

"Hampir setengah jam setelah pohon tumbang, batang masih melintang (di jalan). Lalu dipotong (membuka jalan)," ungkap salah seorang petugas pemotong dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPK3P) Kota Bandung.

Hingga sekitar pukul 12.00 siang tadi, arus jalan sudah terpantau lancar. Kendati demikian, beberapa pemotongan batang masih dilakukan dipinggiran jalan. Adapun, diameter batang bawah mencapai satu meter lebih, makin ke atas makin mengecil.

Saat batang dipotong menggunakan gergaji mesin, terlihat daging dalam pohon tersebut ternyata telah bolong atau keropos.

Baca Juga: Terungkap! Jejak Hewan Purba di Waduk Saguling Jawa Barat

"Kalau seperti ini biasanya akarnya terganggu. Jadi, di luar terlihat tidak apa-apa tapi di dalam batangnya sudah keropos. Tinggi pohon ini kayaknya antara 15-20 meter" kata petugas DPK3P lainnya di lokasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait