alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Lewat Online, Ini Cara Cek Bansos PKH 2021 di Situs Resmi

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 22 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Bisa Lewat Online, Ini Cara Cek Bansos PKH 2021 di Situs Resmi
Bendera Program Keluarga Harapan (PKH). [Istimewa]

Bansos Program Keluarga Harapan atau PKH menjadi salah satu program pemerintah untuk yang terdampak pandemi.

SuaraJabar.id - Pemerintah menyiapkan beberapa bansos yang diperuntuk untuk masyarakat yang terdampak pandemi, bisa lewat online begini cara cek bansos PKH 2021 lewat situs resmi. 

Bansos diberikan sebagai upaya pemerintah untuk mengatasi kesulitan masyarakat di saat pengetatan mobilitas di masa pandemi. Bantuan program perlindungan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Kartu Sembako, dan juga ada tambahan beras sebanyak 10 Kg. Bansos ini ditujukan kepada masyarakat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. (Suara.com/Ema Rohimah)
Cara cek bansos PKH 2021. (Suara.com/Ema Rohimah)

Melalui Instagram @kemensosri, pemerintah telah menganggarkan dana perlindungan sosial hingga Rp 427,5 triliun, yang nantinya akan dialokasikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Anda bisa login di laman cekbansos.kemensos.go.id untuk mengecek daftar penerima bantuan sosial secara online. 

Cara Cek bansos PKH 2021

Baca Juga: Cara Mudah Cek Penerima Bansos PKH Kemensos

  1. Pertama, Anda harus login di laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Lalu masukkan alamat yang meliputi Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan pada kolom isian yang tersedia. 
  3. Kemudian, masukkan nama lengkap yang sesuai dengan data di KTP. 
  4. Setelah itu, masukkan kode pada kolom. Jika tidak jelas huruf kode, Anda bisa klik icon 'reload' untuk mendapatkan kode yang baru. 
  5. Selanjutnya tekan tombol "cari" data. Maka data hasil pencarian akan ditampilkan pada laman tersebut. 

Data yang ditampilkan terdiri dari alamat penerima, periode bansos, dan juga identitas penerima. Sistem pencarian pada laman, akan mencocokkan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan juga wilayah yang diinput, serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Cara Mencairkan Bansos PKH 2021

Dokumen yang harus disiapkan untuk proses pencairan dana bansos adalah sebagai berikut:

  1. Surat undangan
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga (KK).

Surat undangan atau keterangan dari ketua RT setempat harus dibawa ke kantor pos terdekat. Surat keterangan berisikan barcode dan informasi dasar penerima bantuan.

Masyarakat bisa mencairkan dana bansos, dengan menunjukkan dokumen pribadi seperti KTP atau KK dan surat dari RT kepada petugas. Kemudian petugas akan melakukan scanning pada barcode di surat undangan tersebut.

Baca Juga: Dana Bantuan PKH Disunat Oknum, Warga Probolinggo Lapor Polisi

Lalu dana bantuan akan langsung diberikan kepada KPM. Sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah mencairkan dana bantuan, maka yang bersangkutan akan difoto oleh petugas bersama dokumen pribadinya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait