facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Wisata Bandungan di Semarang, Masukkan ke Daftar Traveling Akhir Tahun 2021

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 13:47 WIB

6 Wisata Bandungan di Semarang, Masukkan ke Daftar Traveling Akhir Tahun 2021
Umbul Sidomukti (instagram)

Lokasinya yang berada di pegunungan dan hawanya yang sejuk membuat Bandungan memiliki tempat wisata yang banyak.

SuaraJabar.id - Semarang tak cuma soal lumpia, tapi ada juga wisata Bandungan. Bandungan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang yang terbentuk pada 2007 sebagai hasil pemekaran sebagian wilayah Kecamatan Ambarawa, Jambu dan Bawen.

Kecamatan Bandungan terletak di lereng Gunung Ungaran. Kawasan ini dikenal sebagai objek wisata oleh masyarakat sekitar, seperti Semarang, Ambarawa dan Salatiga, sejak masa kolonial Belanda. Di Bandungan berdiri banyak hotel dan villa.

Lokasinya yang berada di pegunungan dan hawanya yang sejuk membuat Bandungan memiliki tempat wisata yang banyak. Mulai dari wisata alam, wisata air hingga wisata sejarah. Saat berwisata ke Bandungan, kamu juga bisa membeli aneka sayuran dan buah yang ditanam petani setempat.

Nah, penasarankan dengan wisata Bandungan? Berikut tempat wisata Bandungan yang bisa kamu kunjungi:

Baca Juga: Termasuk Semarang, Sejumlah Kota Diprediksi akan Turun Hujan Lebat Disertai Petir

1. Umbul Sidomukti

Di Wisata Umbul Sidomukti kamu bisa menikmati sensasi berenang di ketinggian 1.200 mdpl dengan pemandangan atau panorama alam yang indah dan sejuk. Air di kolam renang berasal dari pegunungan Ungaran, sehingga sangat jernih dan segar.

Kolam renang di sana tingkat tiga dengan kedalaman yang berbeda-beda. Selain berenang kamu bisa menikmati sejumlah keseruan lainnya, seperti outbound, camping ground hingga tempat nongkrong yang kekinian.

Lokasi Umbul Sidomukti ada di Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang.

2. Candi Gedong Songo

Baca Juga: Wallace Costa Minta Pemain PSIS Semarang Fokus Saat Hadapi Borneo FC

Candi ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, tepatnya di kawasan pegunungan Ungaran. Sehingga suasana di sana sangat sejuk. Pemandangan yang disuguhkan pun juga sangat indah.

Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo mempunyai 9 candi yang tersebar di sejumlah tempat. Di sana kamu bisa mengunjungi candi-candi dengan menaiki kuda dan berendam air panas. Lokasi tempat wisata ini ada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

3. Ayanaz Gedong Songo

Lokasi Ayanaz tidak jauh dari kawasan Candi Gedong Songo. Letak geografinya yang berada di ketinggian, tempat ini menyajikan banyak sekali spot foto yang kekinian dan instagramable. Ada 35 spot foto dengam tema yang berbeda-beda.

Panorama alam di sekitar Ayanaz sangat indah dan menawan. Wisata satu ini menjadi tempat favorit para milenial untuk berburu foto keren. Lokasinya berada di sekitar Candi Gedong Songo, Bandungan, Kabupaten Semarang.

4. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia tergolong tempat wisata baru di Bandungan. Tempat wisata ini menyajikan kumpulan bunga-bunga yang bermekaran dan indah serta tertata rapi. Bagi pecinta bunga, tempat wisata satu ini wajib dikunjungi saat ke Semarang.

Selain itu terdapat beberapa spot foto yang bagus, indah dan instagramable banget. Diantaranya ada kincir angin khas Belanda, singanya Singapura dan replika dari rumah the bobit yang mungil. Lokasinya berada di Jl. Wisata Gedong Songo KM.5 Kecamatan Bandungan, Semarang.

5. Susan SPA & Resort

Kamu tidak akan menyesal ketika berkunjung ke Susan SPA & Resort. Sebab lokasinya berada di ketinggian. Tempat ini sering dikunjungi untuk melepaskan penat dan bersantai. Kamu juga bisa mihat pemandangan alam yang asri sembari bersantai di kolam hangat.

Untuk bisa masuk ke resort itu tanpa harus menginap, kamu hanya membayar tiket masuk Rp25.000. Adanaya taman dan sejumlah bangunan cocok untuk spot foto. Lokasinya ada di Jl. Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Pondok Kopi

Saat sudah berada di Bandungan, khusunya di kawasan Sidomukti, jangan sampai kamu tidak mampir ke Pondok Kopi. Lokasi ini menjadi tempat favorit untuk nongkrong.

Sembari menikmati kopi dan sejumlah hidangan yang ada, kamu bisa melihat indahnya Semarang dari ketinggian. Terlebih pada malam hari, gemerlip lampu di Semarang sangat indah. Lokasinya ada di Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Demikian daftar serta ulasan tentang wisata Bandungan. Sangat menarik dan penasaran untuk dikunjungi kan? Pastikan masuk daftar list liburanmu.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait