facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi Akhir Tahun 2021

Pebriansyah Ariefana Minggu, 14 November 2021 | 10:32 WIB

10 Tempat Wisata Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi Akhir Tahun 2021
Keraton Kasepuhan, Cirebon. [Wikipedia]

Padahal daerah ini memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah bagus dengan tempat wisata lainnya di Jawa Barat.

SuaraJabar.id - Destinasi wisata Cirebon mungkin belum begitu dikenal dibanding daerah lainnya di Jawa Barat seperti Bandung, Bogor atau Cianjur. Padahal daerah ini memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah bagus dengan tempat wisata lainnya di Jawa Barat.

Berbagai pilihan tempat wisata ada di daerah ini dan menarik untuk dikunjungi. Kini berwisata ke Cirebon bisa menjadi salah satu tujuan, apalagi akses menuju Cirebon semakin mudah setelah dioperasikannya Tol Cipali.

Berikut sejumlah lokasi wisata Cirebon yang bisa Anda kunjungi:

1. Wanawisata Ciwaringin

Baca Juga: Ada Oknum PNS Terciduk Miliki Banyak Sabu, Bupati Cirebon Perintahkan Hal Ini

Bagi anda yang gemar dengan wisata alam pegunungan, tempat ini cocok untuk Anda. Wanawisata Ciwaringin terletak di Desa Ciwaringin. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari pusat kota Cirebon. Laman javatravel.com menulis, di sini kita akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang sangat memukau.

Panorama tersebut berpadu dengan wisata hutan yang dipenuhi dengan tanaman Kayu Putih. Tak heran, di Wanawisata Ciwaringin kitab isa menghirup aroma kayu putih yang menyebar ke segala penjuru.

2. Pantai Baro Gebang

Pantai Baro Gebang adalah salah satu lokasi wisata di Cirebon. Tempat ini biasa dikenal dengan nama Pantai Baro. Salah satu keunggulan dari tempat wisata ini adalah pemandangan Laut Jawa yang bisa kita nikmati dengan suasana santai.

Bagi yang gemar memancing, Pantai Baro Gebang adalah tempat yang pas untuk Anda. Disini juga tersedia sejumlah tempat makan yang menghidangkan beragam kuliner khas Cirebon.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan, Ada Sate Kalong

3. Desa CIkalahang

Anda suka memancing atau menyantap ikan? Jika iya, jangan sampai anda tidak mengunjungi Desa Wisata Cikalahang, di Kecamatan Dukupuntang, Cirebon. Laman pegipegi.com menulis Desa Wisata CIkalahang berada di kaki Gunung Ciremai, sehingga udaranya sejuk dan dipenuhi rerimbunan pohon.

Di sini juga ada sejumlah lokasi pemancingan dengan beragam ikan seperti ikan mas, nila, gurami, patin dan lain-lain. Setelah puas menikmati alam dan memancing, jangan lupa langsung bawa ikan hasil tangkapan Anda ke restoran setempat, untuk diolah menjadi ikan bagak yang lezat.

4. Danau Setu Patok

Danau Setu Patok berada di Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Luasnya sekitar 30 hektare dan memiliki banyak wahana pariwisata. Namun yang paling mengesankan adalah ketika kita bisa menatap matahari terbenam di danau tersebut.

Pemandangan yang indah tercipta dari perpaduan latar belakang Guning Ciremai danpantulan sinar matahari yang beranjak pulang. Cocok bagi anda yang gemar hunting foto untuk diunggah ke media sosial.

5. Keraton Kasepuhan

Kalau Anda berkunjung ke Cirebon, tak lengkap rasanya kalau tak mampir ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Tempat ini merupakan ikon Kota Cirebon, yang juga merupakan bagian dari sejarah kota tersebut. Lokasinya berada di Jalan Kasepuhan No. 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon.

Laman tempatwisata.pro menulis, Keraton ini terdiri dari dua bangunan bersejarah, yang dibangun pada 1430 dan 1529 masehi. Selain dapat mempelajari sejarah Cirebon, di keratin ini kita juga bisa hunting foto yang unik dan menarik untuk diunggah di media sosial.

6. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong cocok bagi anda yang gemar dengan wisata malam. Ketika malam hari, disini kita bisa melihat kerlip cahaya lampu dari kota Cirebon. Lokasinya ada di Kawasan Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan.

Laman jejakpiknik.com menulis, di Bukit Gronggong kita bisa menikmati menikmati pemandangan lampu kota Cirebon, sambal menyantap sejumlah kuliner, seperti jabung bakar. Suasananya sangat nyaman, cocok untuk bersantai dengan teman atau keluarga.

7. Batu Lawang

Batu Lawang berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Dalam Bahasa Jawa, Lawang berarti pintu. Nah, lokasi wisata ini dinamakan Batu Lawang karena disana ada sebuah bukit bebatuan yang bentuknya seperti pintu, namun terbentuk secara alami.

Di Batu Lawang, kita disuguhkan pemandangan tebing yang menjulang tinggi, unik dan asri. Bagi yang gemar olah raga ekstrem, lokasi ini cocok karena kita bisa memanjat tebing tersebut. Batu Lawang juga kerap dijadikan tempat pelatihan pencinta alam.

8. Makam Sunan Gunung Jati

Destinasi selanjutnya adalah Makam Sunan Gunung Jati. Ini adalah salah satu tempat wisata religi di Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Alun-Alun Ciledug No. 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Laman nativeindonesia.com menulis, Sunan Gunung Jati adalah satu dari Sembilan wali, atau lebih dikenal Wali Songo. Mereka adalah yang menyebarkan Islam di Indonesia. Dengan begitu, jika kita berkunjung ke Makam Sunan Gunung Jati, kita bisa berziarah sekaligus belajar tentang jejak sejarah penyebaran Islam di Indonesia.

9. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah salah satu bangunan dari abad ke-17 yang terbilang modern di zamannya. Lokasinya berada di pusat Kota Cirebon. Laman jejakpiknik.com menulis, kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi adalah bangunan yang memadukan beberapa gaya arsitektur, yakni Indonesia klasik, Timur Tengah, Tiongkok dan Eropa.

Selain memiliki arsitektur yang unik, tempat ini juga berbalut aura mistis. Sebab kompleks gua ini memang digunakan sebagai tempet bersemedi dan olah kanuragan para Sultan dan Prajurit Kerajaan Cirebon.

10. Kampung Batik Trusmi

Batik merupakan corak pakaian khas Indonesia. Hampir semua daerah memilikinya, termasuk Cirebon. Bagi anda yang gemar mengkoleksi batik, tempat ini cocok untuk Anda datangi. Lokasinya ada di Jalan Otto Iskandardinata, Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon.

Di sini ada sekitar seribu perajin batik yang menghasilkan ragam corak batih khas Cirebon. Soal harga, suda pasti bervariasi, karena di sini ada ribuan toko batik. Anda tinggal sesuaikan pilihan batik yang disuka sesuai dengan kocek yang Anda miliki.

Demikian tadi sejumlah tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika singgah di Cirebon. Tempat wisata Cirebon tersebut tak kalah dengan lokasi wisata lainnya bukan? Jadi segera atur agenda akhir tahun Anda untuk berkunjung ke Cirebon.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait