facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan, Ada Sate Kalong

Pebriansyah Ariefana Senin, 08 November 2021 | 16:49 WIB

10 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan, Ada Sate Kalong
Nasi Jamblang (Instagram Ina Koesoema)

Wilayah yang dijuluki Kota Udang ini banyak menghasilkan kuliner laut.

SuaraJabar.id - Cirebon memiliki makanan khas yang unik. Letaknya yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa menghasilkan perpaduan budaya Jawa dan Sunda, yang juga berpengaruh pada kulinernya. Berikut adalah makanan khas Cirebon.

Wilayah yang dijuluki Kota Udang ini banyak menghasilkan kuliner laut.

Banyak makanan khas Cirebon yang unik, dan tentunya menggugah selera untuk dicicipi. Berikut daftar makanan khas Cirebon yang wajib dicoba jika berkunjung ke sini.

1. Nasi Jamblang

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Tinggal di Bogor, Warga Perumahan: Kami Mengenal Joddy Sosok Baik

Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon. [Suara.com/Firsta Nodia]
Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon. [Suara.com/Firsta Nodia]

Salah satu yang membuat Nasi Jamblang unik dan mudah dikenali adalah bungkus nasinya yang berasal dari daun jati. Ini berbeda dengan nasi khas daerah lain yang seringkali menggunakan daun pisang.

Nasi Jamblang lahir tepatnya di suatu desa yang bernama Desa Jampang, Cirebon. Banyak ragam lauk yang bisa dipilih. Seperti sate kentang, udang, ikan asin, ayam goreng, pepes, perkedel, bacem, dan lain-lain.

2. Empal Gentong

Empal Gentong. (Shutterstock)
Empal Gentong. (Shutterstock)

Empal Gentong juga menjadi salah satu dari sekian makanan khas dari Cirebon. Penyajian kuliner ini menggunakan sebuah kuali yang berasal dari bahan tanah liat. Seperti namanya, Empal Gentong dibuat dari daging sapi yang dimasak hingga memberikan daging yang bertekstur lembut sehingga memudahkan kita untuk mengkonsumsinya.

Memasak empal ini cukup lama, yakni sekitar 5 jam. Sajian kuliner ini biasanya ditambah dengan jeroan seperti paru, babat, limpa, dan usus.

Baca Juga: Lezatnya Makanan Khas Bandung, dari Karedok hingga Colenak

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko. [Wikipedia]
Nasi Lengko. [Wikipedia]

Nasi lengko adalah menu sarapan yang ada di warung pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional di Cirebon. Makanan khas Cirebon ini berisi nasi putih, tauge rebus, tempe dan tahu yang kemudian disiram dengan saus kacang, taburan daun kucai dan sedikit kecap.

Jika tidak puas dengan tempe tahu, kamu juga bisa memesan sate kambing yang sangat lezat. Tidak ada bau prengus kambing atau bau amis yang tersisa. Rasanya murni daging kambing dan bumbu rempah-rempah pilihan yang disiram dengan sambal kecap.

4. Tahu Genjrot

Meski sangat mudah ditemui di berbagai kota, tak ada yang bisa menandingi enaknya tahu gejrot Cirebon. Kuahnya terasa lebih kental dan manis gula aren porsinya terasa sangat pas.

Tahu pong yang diiris kecil, disajikan dengan cabai rawit hijau dan bawang merah. Setelah itu tahu disiram dengan kuah asam gula jawa yang menyegarkan. Makanan ini bisa memberi efek mengenyangkan sekaligus menyegarkan.

5. Mie Koclak

Makanan khas Cirebon ini sering menjadi sajian spesial saat gelaran doa sembahyang orang yang sudah meninggal dunia. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu orang mulai menjual mie koclok di berbagai sudut di Kota Cirebon.

Mie yang digunakan untuk membuat mie koclok adalah mie kuning yang tidak mengandung bahan pengawet, lalu dibumbui dengan bahan berkualitas dan disajikan dengan telur rebus beserta daging ayam suwir.

6. Gado Gado Ayam

Gado-gado ayam khas Cirebon terkenal gurih dan enak karena bumbu utamanya menggunakan santan, bawang putih, dan kunyit. Ketiga bahan ini ditambah lagi dengan rempah-rempah dan disajikan dengan kentang, ayam suwir, saus kacang, telur rebus, dan ketupat.

Makanan khas Cirebon ini terasa gurih dan menyegarkan karena dilengkapi kuah santan, mirip dengan kupat kari khas Bandung. Kuahnya agak encer dan rasa bawangnya terasa sedap. Bumbu kacang yang biasanya digunakan untuk gado-gado turut menciptakan rasa gurih.

7. Docang

Asal kata Docang adalah bodo atau baceman dari oncom dage dan kacang hijau yang dijadikan toge. Docang adalah makanan asli Cirebon.

Docang merupakan perpaduan antara sayur oncom dage atau oncom gembus terbuat dari ampas tahu yang dipadukan dengan bungkil kacang tanah dan parutan kelapa. Isi dari Docang umumnya terdiri dari lontong, daun singkong, tauge, parutan kelapa dan juga kerupuk di atasnya.

8. Sate Kalong

Sate Kalong adalah makanan yang cukup unik di Cirebon. Tidak seperti namanya, kalong bukan berarti dagingnya berasal dari kelelawar melainkan karena ketika awal muncul pada 1900-an memang sate ini hanya dijual ketika matahari sudah terbenam.

Sate Kalong berasal dari daging kerbau dan sekarang sudah ada beberapa yang menggunakan daging sapi. Sate Kalong memiliki cita rasa yang cukup manis layaknya dendeng karena sebelum dibakar sate dicelupkan ke dalam larutan gula merah.

9. Rujak Kangkung

Umumnya rujak dibuat dari buah-buahan, rujak khas Cirebon ini bahan utamanya adalah kangkung air. Rujak Kangkung dibuat dengan cara merebus kangkung dan selagi masih panas kangkung ditiriskan kemudian di aduk dengan sambal asam.

Rujak Kangkung cocok disantap bersama cabai dan terasi, sehingga cita rasa yang didapat, yakni asam dan pedas. Ini tidak seperti plecing kangkung yang dikonsumsi dengan sambal kacang.

10. Sate Kentang

Jika kamu ingin merasakan camilan yang berbeda dari yang lain, bisa mencoba Sate Kentang dari Cirebon. Kentang yang dijadikan sate ini dipotong melingkar panjang lalu digoreng, jadi bukan dipanggang seperti sate pada umumnya.

Sebelum digoreng, Sate Kentang dibumbui dengan tepung yang akan membuat kentangnya menjadi renyah saat dimakan. Sate Kentang ini juga akan ditambahkan dengan saus gula merah dan kuah kacang sehingga menciptakan cita rasa yang pedas manis dan gurih.

Nah, setelah kamu mengetahui berbagai makanan khas Cirebon, kamu harus mencobanya saat mampir atau mengunjungi Cirebon. Kamu bisa membuktikan cita rasa khas yang dimiliki oleh makanan Cirebon.

Kontributor : Titi Sabanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait