facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dari Fortuner Hingga BMW, Puluhan Kendaraan di Cimahi Tak Lulus Uji Emisi"

Lebrina Uneputty Jum'at, 19 November 2021 | 17:24 WIB

Dari Fortuner Hingga BMW, Puluhan Kendaraan di Cimahi Tak Lulus Uji Emisi"
Ilustrasi BMW. (Pixabay/Free-Photos)

Lucky mengungkapkan, dari puluhan kendaraan yang tidak lulus uji emisi, di antaranya ada beberapa kendaraan mewah. Seperti jenis Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, BMW hingga

SuaraJabar.id -  Sebanyak 88 unit kendaraan di Kota Cimahi tak lulus uji emisi yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi selama tiga hari. Puluhan kendaraan itupun disarankan untuk diservis agar tak menyumbang polisi udara.

Berdasarkan data DLH Kota Cimahi, ada sebanyak 746 unit kendaraan yang mengikuti uji emisi gratis yang dilaksanakan pada tanggal 16, 17 dan 18 November kemarin di tiga titik yang berbeda.
Dari total kendaraan yang mengikuti uji emisi, sebanyak 88 di antaranya tidak lulus.

"Jadi totalnya ada 746 unit kendaraan roda empat yang mengikuti uji emisi. Yang lulus itu ada 658 kendaraan dan yang tidak ada 88 kendaraan," terang Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Lucky Sugih Mauludin saat dihubungi pada Jumat (19/11/2021).

Lucky mengungkapkan, dari puluhan kendaraan yang tidak lulus uji emisi, di antaranya ada beberapa kendaraan mewah. Seperti jenis Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, BMW hingga Ford Ranger.

Pengujian gas emisi buang kendaraan yang dilakukan DLH Kota Cimahi meliputi kendaraan roda empat untuk kepemilikan pribadi maupun kendaraan dinas. "Baik kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar," ucap Lucky.

Lucky menjelaskan, uji emisi ini dilakukan dengan harapan untuk mengurangi polisi udara di Kota Cimahi. Pasalnya, transportasi sendiri menjadi salah satu penyumbang pencemaran udara di Kota Cimahi.

 Petugas Tengah Malakukan Uji Emisi Terhadap Kendaraan (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)
Petugas Tengah Malakukan Uji Emisi Terhadap Kendaraan (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)

Meskipun, kata dia, berdasarkan hasil uji udara menggunakan metode pasif sampler, kualitas udara di Kota Cimahi masih aman. "Di kita masih cukup baik kalau untuk kualitas udara. Kita yang diuji sampelnya itu dari industri, perkantoran, pemukiman dan transportasi. Kita rutin," katanya.

Lucky melanjutkan, antusiasme pemilik kendaraan untuk melakukan uji emisi yang dilaksanakan sela tiga hari ini cukup baik. Terbukti dari capaiannya melebihi jumlah sasaran yang ditargetkan.

"Awalnya kita hanya menargtekan 600sela tiga hari, artinya 200 sehari. Tapi ternyata melebihi target," tukasnya.

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait