facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Mau Kalah dengan Mandalika, Jabar Bakal Desain Ulang Sirkuit Sentul

Ari Syahril Ramadhan Senin, 13 Desember 2021 | 15:16 WIB

Tak Mau Kalah dengan Mandalika, Jabar Bakal Desain Ulang Sirkuit Sentul
ILUSTRASI Sirkuit Sentul Bogor. [Suara.com/Erick Tanjung]

"Nantinya bisa menggelar event-event bertaraf internasional dan diharapkan pariwisata dan ekonomi kerakyatan di sini meningkat," ujarnya soal desain ulang Sirkuit Sentul.

SuaraJabar.id - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menegaskan Sirkuit Sentul di Kabupaten Bogor akan didesain ulang pada tahun depan. Ambisinya, jadi salah satu sirkuit terbaik dunia yang bisa menggelar ajang balap bertaraf internasional.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat membuka Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden 2021 di Sirkuit Sentul, Babakan Madang Kabupaten Bogor, kemarin, Minggu (12/12/2021).

Sirkuit yang tercatat pernah menjadi tempat adu balap MotoGP pada 1996 itu diharapkan jadi sirkuit terbaik bersanding dengan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

"Tahun depan di sini akan rebound dan didesain ulang menjadi salah satu sirkuit terbaik dunia, West Java Sentul International Circuit," katanya disampaikan kembali melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Dibekali Rp4 Juta dari Pemprov,19 KK Jawa Barat Transmigrasi ke Kalimantan dan Aceh

"Kalau NTB punya Sirkuit Mandalika, maka Jabar punya West Java Sentul International Circuit, mohon dukungan dari semua pihak," imbuhnya.

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. [Dok.ANTARA/HO via ITDC/pri]
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. [Dok.ANTARA/HO via ITDC/pri]

Ridwan Kamil memendam harapa klasik bahwa dengan menggelar ajang balap internasional itu pariwisata dan perekonomian masyarakat dapat meningkat.

"Nantinya bisa menggelar event-event bertaraf internasional dan diharapkan pariwisata dan ekonomi kerakyatan di sini meningkat," ucapnya.

Rencana renovasi Sirkuit Sentul disambut baik oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang juga hadir di Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden 2021. IMI pun akan mendukung penuh rencana tersebut.

"Pak Gubernur (Jabar) menyampaikan tekadnya bahwa sirkuit ini akan rebound akan direnovasi menjadi sirkuit terdepan, kita harus dukung," ujar Bambang.

Baca Juga: PPKM Level 3 Dibatalkan, PHRI DIY: Jangan Sampai Angin Segar Jadi Topan

Bambang berharap, wajah baru Sirkuit Sentul berdampak pada prestasi dan lahirnya atlet-atlet otomotif berkualitas. "Semoga nantinya di sini lahir atlet-atlet otomotif Indonesia yang lebih maju," ucapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait