alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Getaran Gempa Banten Terasa Kuat di Lembang, Warga Berhamburan Keluar Rumah Sambil Teriak Astagfirullah

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 14 Januari 2022 | 16:48 WIB

Getaran Gempa Banten Terasa Kuat di Lembang, Warga Berhamburan Keluar Rumah Sambil Teriak Astagfirullah
Gempa Bumi Magnitudo 6,7 di Banten sampai Guncang Jakarta. (Twitter/@infoBMKG)

"Ya lumayan lama juga, sekitar satu menit lebih. Ya syok pasti ya, karena kan setahu saya di sini juga ada pusat gempa Sesar Lembang," ujar Fadillah.

SuaraJabar.id - Gempa bumi yang mengguncang Banten pada Jumat (14/1/2022) sore dirasakan masyarakat. Bahkan, getaran gempanya terasa hingga sejumlah daerah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, gempa dirasakan sekitar pukul 16.05 WIB dengan titik lokasi di 7.01 LS,105.26 BT (52 KM Barat Daya Sumur-Banten). Kekuatannya mencapai 6,7 SR.

Seperti yang terpantau di di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Warga sampai berhamburan keluar dari rumah dan tempatnya masing-masing usai merasakan getaran gempa bumi yang cukup kencang.

Saat berhamburan keluar dari tempatnya masing-masing, sebagian sambil mengucap istigfar lantaran perasaan panik yang dirasakan secara tiba-tiba. Sebagian lagi mengabadikan momen menegangkan tersebut melalui ponsel.

Baca Juga: Gempa di Kantor Anies, Karyawan hingga Pasien Klinik Kocar-kacir ke Luar Gedung Balkot

"Iya tadi kerasa banget gempanya, saya langsung keluar kebetulan lagi rumah makan. Awalnya enggak sadar itu gempa, tapi lihat kipas yang tergantung itu goyang," ungkap M Fadlilah (37) warga Lembang

Ia bergegas keluar dari rumah makan setelah meyakinkan diri bahwa getaran yang dirasakan tersebut memang gempa bumi. Ditambah bukan hanya dia yang merasakan getaran tersebut.

"Ya lumayan lama juga, sekitar satu menit lebih. Ya syok pasti ya, karena kan setahu saya di sini juga ada pusat gempa Sesar Lembang," ujar Fadlilah.

Gempa juga dirasakan warga Padalarang, Bandung Barat. Seperti yang dirasakan langsung Retno.
"Iya tadi kerasa kenceng. Saya langsung keluar rumah," ucapnya.

Sementara itu, Laksmi (37) salah seorang warga Jamika, Kota Bandung mengira semula penyakit vertigo nya kambuh. Namun ia melihat pintu rumah dan kamarnya bergoyang.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,7 Terasa hingga Jakarta, Warga Perkantoran di Slipi Berhamburan Keluar Gedung

"Iya dikira vertigo saya kambuh, ternyata gempa. Kenceng banget," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait