facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

31 Rumah di Leles Garus Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 25 Januari 2022 | 11:34 WIB

31 Rumah di Leles Garus Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
Petugas memeriksa kondisi rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (24/1/2022) malam. [Antara]

"Tadi malam sudah pada ditempati lagi dan hari ini kita mau dorong kerja bakti," Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut.

SuaraJabar.id - Sebanyak 31 rumah di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut rusak usai diterjang angin puting beliung pada Senin (24/1/2022).

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, 31 rumah tersebut mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda. Mulai dari ringan sampai berat, serta kerugian materi diperkirakan Rp 290 juta.

Meski membuat puluhan rumah rusak, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan angin puting beliung di Leles tak menimbulkan korban jiwa.

Ia menjelaskan BPBD Garut mendapatkan informasi adanya bencana angin puting beliung yang menerjang pemukiman rumah warga di sejumlah kampung, Desa/Kecamatan Leles, Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Usai Bunuh Istri, Suami Telepon Anak Meminta Temani Sang Ibu di Toko

Bencana itu, kata dia, dilaporkan hanya merusak sejumlah bagian rumah warga seperti kerusakan pada bangunan atap dan lepasnya genting.

Kondisi rumah warga yang rusak itu, kata dia, sudah mulai diperbaiki secara gotong royong, bahkan warga juga sudah kembali menempati rumahnya masing-masing.

"Tadi malam sudah pada ditempati lagi dan hari ini kita mau dorong kerja bakti," kata Satria Budi, Selasa (25/1/2022) dikutip dari Antara.

Terkait ada bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat puting beliung, kata dia, belum dalam pembahasan, dan kewenangannya ada pada Dinas Perumahan dan Permukiman Garut.

BPBD Garut, katanya, saat ini sedang melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak, dan menyiapkan bantuan logistik untuk kegiatan kerja bakti masyarakat.

Baca Juga: Akhir Pelarian Suami Bunuh Istri Di Garut, Ditangkap Setelah 1 Tahun Kabur

"Langkah BPBD sekarang sedang melakukan pendataan terhadap penyintas dan mendukung logistik pada pemerintahan desa untuk dukungan kerja bakti," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait