Informasi Gaji Pemadam Kebakaran Serta Syarat Masuk Institusi Damkar Lengkap

Berikut ini adalah informasi mengenai gaji pemadam kebakaran di Indonesia. Simak lebih lanjut ya!

Risna Halidi
Kamis, 10 Februari 2022 | 08:45 WIB
Informasi Gaji Pemadam Kebakaran Serta Syarat Masuk Institusi Damkar Lengkap
Sebagai ilustrasi artikel gaji pemadam kebakaran: Seorang pemadam kebakaran berusaha memadamkan mobil pribadi Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Bojong Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten [Ist]

SuaraJabar.id - Gaji pemadam kebakaranPemadam kebakaran merupakan pegawai pemerintah yang mendapat tanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan penanganan masalah kebakaran serta bencana.

Di Indonesia, para pemadam kebakaran dibawahi oleh Dinas Pemadam Kebakaran yang termasuk dinas gawat darurat seperti Ambulans dan Badan SAR Nasional.

Pemadam kebakaran bekerja dilengkapi dengan pakaian antipanas dan antiapi, serta helm dan sepatu khusus untuk melaksanakan tugas. Pakaian mereka juga dilengkapi dengan scotlight reflektor perwarna putih agar terlihat saat melaksanakan tugas.

Sebelum terjun langsung, petugas pemadam kebakaran lebih dulu mendapat pelatihan untuk menyelamatkan korban dari kebakaran. Selain itu, mereka juga dilatih untuk menyelamatkan korban bencana lain seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, dan gempa bumi.

Baca Juga:Kehadiran Satgas Bencana Nasional BUMN Mampu Tingkatkan Peran BUMN

Ilustrasi pemadam kebakaran. (Pexels/Kinh)
Ilustrasi pemadam kebakaran. (Pexels/Kinh)

Mereka juga ditugaskan dalam hal penyelamatan yang tidak menyangkut kebakaran seperti evakuasi sarang tawon, penyelamatan korban bunuh diri, penyelamatan hewan yang terjebak, menanggulangi pohon tumbang, serta memberi sosialisasi kepada masyarakat.

Pemadam kebakaran Indonesia memiliki motto yakni Pantang Pulang Sebelum Padam. Tugas pokok mereka adalah pencegahan kebakaran, melakukan pemadaman kebakaran, dan penyelamatan jiwa serta ancaman kebakaran dari bencana lain. 

Berkaitan dengan gaji pemadam kebakaran, di Indonesia sangat beragam terlebih dengan status PNS dan Non PNS.

Gaji pemadam kebakaran di Indoesia adalah Rp1,750,000 hingga Rp4,000,000.  Posisi dan masa kerja pastinya bisa menentukan besaran gaji yang mereka terima. Sedangkan gaji pemadam kebakaran wanita tentu berbeda karena perbedaan tugas dan tanggungjawabnya.

Selain gaji, pemadam kebakaran juga mendapatkan tunjangan. Tunjangan yang diterima yakni tunjangan kesehatan, tunjangan golongan, tunjangan hari raya, dan tunjangan pendidikan anak, serta tunjangan tambahan lainnya. Tunjangan ini tergantung pada posisi dan besar daerah kerjanya.

Baca Juga:Erick Thohir: Satgas Bencana Nasional BUMN Dapat Perkuat Integrasi Sistem & Peran untuk Indonesia

Menjadi seorang pemadam kebakaran tentu dibutuhkan syarat-syarat tertentu.

Syarat adalah pria atau wanita minimal pendidikan SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal pria 160cm dan wanita 155cm, usia 25 tahun maksimal, berat badan proposional, tidak buta warna, tidak takut ketinggian, kedalaman air, binatang, asap, api, jujur dan disipilin.

Kemudian, berkaitan dengan syarat khusus yakni memiliki Sertifikat Mapala, Sertifikat SAR, sertifikat Pemuda Peduli Siaga Bencana, Sertifikat Pramuka, SIM, Surat lamaran, fotokopi KTP, SKCK, Surat Keterangan Sehat, Pas Foto, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan terkait gaji pemadam kebakaran. Selanjutnya diketahui pula bahwa pemadam kebakaran memiliki tugas pokok yang lebih luas dari memadamkan api.

Pemadam kebakaran juga bertanggungjawab apabila ada orang bunuh diri, hewan terjebak, dan lain sebagainya. Gaji pemadam kebakaran juga bergantung pada daerah setempat dan posisinya.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

News

Terkini

Nantinya hasil buyback akan dibagikan kepada pegawai.

News | 14:00 WIB

"Yang pasti venue lomba ini akan digelar di Bandung dan bukan di jalan umum, dan akan dilaksanakan di area yang luas," ujarnya soal Balapan Peti Sabun.

News | 12:22 WIB

"Jadi terdengar sama saya itu ditanya 'anggota XTC atau bukan?'. Korban jawab bukan. Nah mungkin langsung dibacok di situ," ujar saksi di lokasi kejadian.

News | 19:34 WIB

Ciro Alves yang kemudian lepas dari kawalan pemain belakang PSS kemudian memperdaya kiper M Ridwan hingga bola bersarang di gawang PSS.

News | 18:11 WIB

Luar biasa, hampir semua lagu saya nantikan, ujar Prabowo Subianto.

News | 17:23 WIB

"Kalau yang Samarang saja dari 45 ke 182, nah ini yang Pasirwangi ini belum selesai, karena lebih banyak yang Pasirwangi," kata Wakil Bupati Garut.

News | 21:00 WIB

"Butuh keseriusan pemerintah daerah agar masalah ini tidak semakin berlarut-larut karena banyak aspek yang harus dipenuhi," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi.

News | 17:05 WIB

Saat ini layanan AgenBRILink telah menjangkau 58.896 desa di seluruh pelosok Indonesia.

News | 17:00 WIB

Semua kerja sama ini terintegrasi secara sistem.

News | 21:00 WIB

"Nah dari Laswi itu masih (dikaji) antara ke kanan ke Jalan Sukabumi atau lurus kemudian ke Jalan Diponegoro, turunnya di Pusdai," kata Yana Mulyana.

News | 20:39 WIB

Ajakan ini dalam rangka penyelenggaraan BRI Fellowship Journalism 2023.

News | 19:30 WIB

"Kelihatannya mungkin overheat juga ya, mungkin, ya, tapi tentunya ini jadi bahan evaluasi rumah sakit juga gitu," kata Yana Mulyana.

News | 18:18 WIB

Program BRI Peduli senantiasa turut berperan aktif.

News | 14:30 WIB

Saya lari tapi ketangkep terus saya dipukuli oleh 3 sampai 4 orang dengan benda yang mirip pistol," ujar warga Pangandaran itu.

News | 12:46 WIB

"Bapak sudah menjalani operasi kemarin 30 Januari pukul 17.00 sampai 18.00 WIB di RSU Santosa karena memang ada penyumbatan pembuluh darah ke jantung,"ujarnya.

News | 14:33 WIB
Tampilkan lebih banyak