facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Indonesia vs Malaysia, Perebutan Warisan Budaya dari Angklung, Songket, Batik, Kini Reog Ponorogo

Galih Prasetyo Kamis, 07 April 2022 | 11:24 WIB

Indonesia vs Malaysia, Perebutan Warisan Budaya dari Angklung, Songket, Batik, Kini Reog Ponorogo
Prajurit TNI AL menampilkan kesenian Reog Ponorogo saat kirab kota di Yin Pyin Park, Yangon, Myanmar, Minggu (6/10). [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

Publik Indonesia kembali dibuat geram oleh negara tetangga, Malaysia terkait Reog Ponorogo.

SuaraJabar.id - Publik Indonesia kembali dibuat geram oleh negara tetangga, Malaysia. Negeri Jiran itu menurut Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy ingin ingin mengajukan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya mereka.

“Untuk Reog, negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” kata Muhadjir Effendy mengutip dari Antara.

Menyikapi hal tersebut, publik pun geram dan silahturahmi ke akun resmi negara Malaysia di Instagram, @@1malaysia_official.

Kolom komentar akun Malaysia ini dipenuhi dengan tulisan para netizen Indonesia yang protes kepada negara tetangga ini.

Baca Juga: Geram! Pimpinan DPR: Harus Diadang, Tak Boleh Malaysia Mengklaim Reog karena Ini Budaya Kita!

Jika menilik dari sejarahnya, ini bukan kali pertama Malaysia klaim budaya di bumi Nusantara menjadi milik mereka.

Publik Indonesia juga sempat dibuat meradang saat UNESCO menetapkan kain Songket menjadi Warisan Budaya tak Benda. Pengakuan itu diberikan UNESCO pada Desember 2021.

UNESCO menetapkan songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau Intangible Cultural Heritage. Penetapan ini dilakukan saat sesi ke-16 Intergovernmental Committee for Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis.

Mengutip dari Suara Sumsel--Jaringan Suara.com, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tak mempermasalahkan kain Songket Malaysia telah mendapat pengakuan dari UNESCO, dalam daftar Warisan Budaya tak Benda.

"Sesuai arahan dari gubernur, kita tak usah meributkan itu, yang penting bagaimana terus membina perajin dan peningkatan pendapatannya,” Kepala Dinas Perindustrian Sumatera Selatan (Sumsel) Ernila Rizar

Baca Juga: Heboh Malaysia Usul Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya, Netizen Indonesia Murka

Tak hanya songket, batik yang sudah diakui UNESCO pada 2009 menjadi warisan budaya tak benda milik Indonesia juga sempat diakui oleh Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait