facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemunculan Empat Bintang Sejajar di Langit Bikin Heboh Warga Bandung, Bakal Ada Pertanda Apa?

Galih Prasetyo Sabtu, 23 April 2022 | 21:15 WIB

Kemunculan Empat Bintang Sejajar di Langit Bikin Heboh Warga Bandung, Bakal Ada Pertanda Apa?
Kemunculan Empat Cahaya Sejajar di Langit yang Teramati Warga dii Bandung Raya (dok/Instagram @Bosschaobservatory)

Warga di Bandung Raya termasuk di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihebohkan dengan kemunculan empat bintang di langit

SuaraJabar.id - Warga di Bandung Raya termasuk di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihebohkan dengan kemunculan empat bintang yang berjajar tegak lurus di langit.

Keempat bintang yang berada di ufuk timur itu
memiliki cahaya berbeda-beda. Fenena astronomi tersebut bisa diamati dengan mata telanjang, utamanya sebelum dan setelah waktu sahur.

"Betul tadi setelah salat subuh, ada bintang berbaris di langit. Bagus banget, kurang tau itu fenomena apa," ujar Reza (18), warga Kota Cimahi pada Sabtu (23/4/2022).

Juru Bicara Observatorium Bosscha, Yatny Yulianti menjelaskan empat cahaya berjejer di langit Bandung tersebut, merupakan penampakan empat planet terang yakni Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Baca Juga: Link Live Streaming Pengamatan Hilal di Observatorium Bosscha Bandung

Menurutnya, planet-planet ini bisa diamati dalam konfigurasi berbaris ketika mereka berada di orbitnya, sehingga dilihat dari Bumi berada di satu garis khayal atau garis ekliptika langit.

"Fenomena ini sudah bisa diamati di langit bersamaan sejak akhir bulan Maret, tapi posisinya belum satu baris seperti sekarang. Kita baru bisa melihat posisi meraka hampir satu baris sejak sekitar pertengahan bulan April dan akan berlangsung hingga akhir April ini," terang Yatny saat dihubungi.

Menurut Yatni yang juga seorang astrono, fenomena berbarisnya planet-planet bukan peristiwa langka, tapi juga bukan peristiwa rutin. Barisan planet terakhir kali pada Juli 2020, saat itu tiga planet Merkurius, Venus, dan Mars bisa diamati di langit sebelum Matahari terbenam. Ketiganya jarak pisah di langit cukup besar.

Sebelumnya, bahkan sempat ada lima planet terang dapat diamati berbaris pada April 2002. Saat itu ada Jupiter, Saturnus, Mars, Venus, dan Merkurius.

Jadi pada bulan April ini ada 4 planet terang dapat diamati bersamaan merupakan fenomena yang menarik untuk diamati, terutama karena untuk mengamati planet terang cukup dengan mata, masyarakat tidak perlu alat yang khusus atau pergi ke lokasi yang spesifik.

Baca Juga: Observatorium Bosscha Lembang Pantau Hilal 1 Ramadhan 1443 Hijriah

Apalagi posisi Venus dan Jupiter semakin dekat hingga akan berada pada posisi terdekat (keduanya) pada 1 Mei 2022.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait