facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Garut Bakal Punya Sentra Kuliner Baru di Tarogong

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:39 WIB

Garut Bakal Punya Sentra Kuliner Baru di Tarogong
Tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI meninjau pembangunan sentra kuliner ikan di Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (14/5/2022). [ANTARA/HO-Diskominfo Garut]

"Kita ingin mendorong bahwa sentra kuliner ini bisa menjadi semacam tempat (kuliner ikan) masyarakat domestik ataupun dari luar Garut," kata dia.

SuaraJabar.id - Kabupaten Garut, Jawa barat bakal punya sentra kuliner baru. Mengangkat tema ikan, sentra kuliner itu bakal ada di Tarogong.

Sentra kuliner ikan tersebut bakal dibangun atas kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Pemerintah Kabupaten Garut.

untuk mengangkat dan mendongkrak berbagai potensi ikan yang nantinya bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Kita ingin mendorong bahwa sentra kuliner ini bisa menjadi semacam tempat (kuliner ikan) masyarakat domestik ataupun dari luar Garut," kata Direktur Ditjen Pemasaran Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP RI Erwin Dwiyana saat bertemu dengan Bupati Garut Rudy Gunawan di Ruang Pamengkang, Garut Kota, Sabtu (14/5/2022) dikutip dari Antara.

Baca Juga: 3 Kuliner Khas Bali yang Jadi Incaran Wisatawan, Tertarik Mencobanya?

Ia menuturkan KKP berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan yang terkendala di tahun 2021 yakni pembangunan sentra kuliner ikan yang saat ini prosesnya sudah mencapai 50 persen di Garut.

Ia berharap tahun 2022 pembangunan sentra kuliner ikan di Garut sesuai target bisa tuntas sehingga secepatnya bisa memberikan manfaat bagi Kabupaten Garut.

"Kami targetkan bisa selesai di tahun ini bersama-sama dengan bapak bupati dan jajaran, mudah-mudahan tahun ini bisa selesai sentra kuliner dan menjadi destinasi wisata kuliner yang baru di Kabupaten Garut," kata Erwin.

Ia mengungkapkan alasan KKP memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi pembangunan sentra kuliner ikan karena wilayah Jawa Barat bagian selatan khususnya Garut terkenal dengan ikan budidaya air tawarnya.

"Tentunya potensi ini kan perlu dijual, artinya dijual itu bisa menjadi usaha kuliner atau memperkenalkan menu-menu ikan khas dari Kabupaten Garut," katanya.

Baca Juga: Soal Harga Ikan Mahal di Pasar Kedonganan yang Viral, Begini Penjelasan Bendesa Adat

Ia berharap sentra kuliner ikan yang saat ini sedang proses pembangunan di bekas Pasar Ikan Tarogong itu akan disediakan lapak yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung sehingga nanti bisa dimanfaatkan oleh wirausaha ataupun UMKM Garut.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait