facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bolehkan Salat Berjamaah Tak Berjarak dan Tanpa Masker, DMI Bogor: Sudah Seharusnya Kita Menuju Endemi

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 24 Mei 2022 | 05:00 WIB

Bolehkan Salat Berjamaah Tak Berjarak dan Tanpa Masker, DMI Bogor: Sudah Seharusnya Kita Menuju Endemi
ILUSTRASI - Warga melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Baitur Rahmi. [Antara]

"Saf salat sudah bisa merapat, tidak perlu berjarak lagi, itu kan keutamaan salat," ujarnya.

SuaraJabar.id - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat mulai membolehkan umat Islam di wilayah itu untuk shalat berjamaah dengan tanpa jarak dan tidak mengenakan masker.

"Kalau di masjid itu memang sekarang kita tidak mewajibkan semuanya pakai masker, berkaitan dengan instruksi Pak Jokowi," ungkap Ketua DMI Kabupaten Bogor Irwan Kurniawan di Bogor, Senin (23/5/2022).

Menurutnya, pelonggaran itu setelah kasus penularan COVID-19 di Kabupaten Bogor melandai, meski pemerintah daerah setempat masih menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level dua.

"Karena untuk saat ini (kasus COVID-19, red.) sudah landai. Artinya sudah seharusnya kita menuju endemi," ujarnya.

Baca Juga: Momen Anggota TNI Angkat Motor Terlibat Kecelakaan di Bogor, Aksinya Tuai Pujian Publik: Selalu Ada Untuk Masyarakat

Irwan menyebutkan DMI Kabupaten Bogor membolehkan umat shalat berjamaah tanpa jarak, karena merapatkan saf merupakan salah satu dari keutamaan ibadah shalat.

"Saf salat sudah bisa merapat, tidak perlu berjarak lagi, itu kan keutamaan salat. Saya juga belum pernah dengar di Kabupaten Bogor orang kena COVID-19 gara-gara shalat jamaah," kata Irwan.

Meski begitu, Irwan mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) setiap melakukan kegiatan lain, terlebih saat di dalam ruangan dan di tengah kerumunan.

Sementara, Ketua Harian Satgas COVID-19 Kabupaten Bogor Burhanudin mengingatkan masyarakat untuk tidak terbuai dengan jumlah kasus penularan COVID-19 yang semakin melandai belakangan ini.

Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap bahwa masyarakat tidak perlu lagi menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Mensos Risma Lihat Langsung Lokasi Satu Keluarga Tertimbun Longsor di Cijeruk Bogor

"Tetap harus hati-hati. Kalau di dalam ruangan tetap bermasker. Kita belum benar-benar dalam kondisi seperti sebelum pandemi," kata Burhan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait