Ari Syahril Ramadhan
Pesepak bola timnas U-19 Iran Mahdi Mohammad Ahmadi (bawah) berebut bola dengan pesepak bola timnas U-19 Indonesia Bayu Mohamad Fiqri (atas) pada pertandingan persahabatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Timnas U-19 Indonesia dikalahkan Iran dengan skor 2-4. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

SuaraJabar.id - Pelatih kepala Persib Bandung Robert Rene Alberts akhirnya membeberkan sosok pemain anyar Persib yang merupakan bagian dari timnas U-19. Sosok itu adalah Bayu Mohamad Fiqri.

"Sekarang dia (Bayu) telah menandatangani kontrak dan kami senang akan kedatangan dia karena dia seorang pemain muda, pemain masa depan," ungkap Robert, Rabu (28/10/2020).

Sebetulnya, Robert mengaku sudah memantau Bayu sejak musim lalu. Namun, kala itu pemain yang berposisi sebagai bek itu memutuskan pergi ke klub lain, dan harapan Persib pun kandas.

"Sebelumnya kami sudah berbicara dengan dia, tetapi saat itu dia belum menandatangani kontrak. Kami juga telah memantau dia pada musim lalu tetapi dia memutuskan pergi ke klub lain," ujarnya.

Pemain kelahiran Banyuwangi, 19 tahun silam itu sebelumnya memperkuat klub Liga 2, Semeru FC. Bayu dikontrak Persib dengan durasi waktu selama tiga tahun ke depan.

"Selain itu kami juga mengacu kepada aturan berapa banyak kuota pemain U-20 yang harus berada di tim. Sebelumnya kami harus menunggu dia terlebih dahulu karena dia bergabung di Timnas U-19," katanya.

Terkini, ada 6 pemain U-20 yang memperkuat tim utama Maung Bandung. Keenam pemain itu adalah Bayu, Beckham Putra, Syaiful, Ravil Shandika, Kakang Rudianto dan Ardi Maulana. Bayu akan mengenakan nomor punggung 4 di Persib.

Robert belum bisa memastikan kapan Bayu akan mulai bergabung dengan skuat Maung Bandung. Pasalnya, kata dia, Bayu bersama Beckham tengah memperkuat timnas U-19 yang fokus mempersiapkan diri untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

"Saya pikir kami harus menunggu informasi apakah Timnas U-19 akan melakukan pemusatan latihan kembali atau tidak, dalam kasus ini Timnas adalah prioritas karena untuk persiapan Piala Dunia U-20," imbuhnya.

Kontributor : Aminuddin