Pebriansyah Ariefana
Ilustrasi YouTube. (Shutterstock)

SuaraJabar.id - Cara monetisasi YouTube agar dapat penghasilan sebagai YouTuber. Teknik monetisasi ini tidak mudah tapi bisa dilakukan.

Monetisasi juga bisa dilakukan pada akun lain seperti blog, Instagram, dan Facebook.

Dikutip dari Suara.com, monetisasi didasarkan pada interaksi empat pihak yakni platform, pengiklan, pembuat dan pemirsa.

Untuk diketahui juga jika pembayaran berasal dari pengiklan dan didistribusikan antara pemilik saluran dan platform YouTube untuk setiap interaksi antara pemirsa dan materi iklan seperti klik, buka situs, tonton video.

Baca Juga: Penghina Kiai Haji A Komarudin di Medsos Terancam 10 Tahun Penjara

Khusus untuk monetisasi YouTube, ada beberapa karakteristik yang perlu dipahami. YouTube memiliki program monetisasi sendiri untuk pembuat konten, yang disebut program Mitra YouTube.

Khusus memonetisasi akun YouTube, Snda harus menjadi mitra YouTube yang terverifikasi.

Berikut cara monetisasi YouTube:

1. Tombol Terima kasih

Tombol Terima kasih adalah cara baru yang ditemukan YouTube untuk memonetisasi saluran. Ini terdiri dari tombol di sebelah tombol Bagikan, di mana pemirsa dapat menyumbangkan sejumlah uang, sebagai ucapan terima kasih kepada pembuat konten.

Baca Juga: Modus Traktir Makan, Motor Pengemudi Ojek Online Dibawa Kabur Pelanggannya

2. Langganan

YouTube juga memiliki layanan YouTube bebas iklan di mana pengguna dapat menikmati streaming video tanpa iklan. Layanan premium ini memiliki biaya yang melekat padanya. Oleh karena itu, YouTube memperoleh penghasilan dari berlangganan pengguna ini dan pendapatan dibagikan kepada pembuat konten sesuai dengan jumlah pelanggan yang menonton video mereka di paket premium.

3. Iklan

YouTube menjalankan banyak iklan di platform mereka yang biasanya ditampilkan dalam video yang dibuat oleh pembuat konten yang bermitra, juga disebut sebagai penerbit iklan, atau YouTuber. Keuntungan yang dihasilkan untuk iklan tersebut yang diterima dari pengiklan kemudian dibagi antara pembuat konten video yang memiliki saluran dan YouTube.

4. Penjualan Barang Dagangan

Meskipun fitur ini tidak sepenuhnya diluncurkan di semua negara oleh YouTube, ini adalah salah satu metode lain yang tersedia bagi pembuat konten YouTube untuk menghasilkan.

Untuk menikmatinya, pembuat konten diizinkan untuk mengunggah barang dagangan bermerek resmi mereka untuk dibeli oleh pengguna YouTube lainnya. Penghasilan di sini juga dibagi antara YouTube dan pembuatnya.

Demikian cara monetisasi YouTube.

(Nadia Lutfiana Mawarni)

Komentar