Bawaslu Kota Depok Temukan Seribuan Lebih Surat Suara Rusak

Chandra Iswinarno
Bawaslu Kota Depok Temukan Seribuan Lebih Surat Suara Rusak
Pelipatan surat suara di Depok, Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi]

Surat suara yang rusak disebabkan cacat produksi, seperti terpotong, dan produksi cetak yang tidak sempurna.

Suara.com - Sebanyak 1.324 surat suara yang ada di Kota Depok, Jawa Barat ditemukan rusak saat berlangsung tahap pelipatan di Gedung Logistik Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis.

Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Depok Dede Slamet mengatakan temuan tersebut merupakan akumulasi selama seminggu.

"Selama satu minggu ini kami awasi pelipatan suara di gudang KPU kami menemukan 931 surat suara DPRD provinsi Jawa Barat dan 393 surat suara kabupaten kota dari empat dapil di Depok," kata Dede Slamet di Depok, Senin (18/3/2019).

Dede menyebut surat suara yang rusak disebabkan cacat produksi, seperti terpotong, dan produksi cetak yang tidak sempurna. Kemungkinan, surat suara yang rusak akan bertambah, lantaran sampai saat ini masih dalam proses pelipatan.

"Ini masih bertambah jumlahnya karena hari ini masih dikerjakan proses lipat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Depok Nana Sobarna menegaskan proses pelipatan surat suara masih berlangsung dan belum menghitung surat suara rusa secara keseluruhan.

"Kami kan baru menyotir pelipatan surat suara DPRD Provinsi belum surat suara presiden, DPRD Kota dan Kabupaten, DPD, dan DPR," kata Nana.

Untuk itu, Nana menyebutkan baru ada 565 surat suara yang ditemukan rusak oleh KPU Depok.

"Saya ingin ada proses bersama-sama penghitungan surat suara yang rusak dan krosek. Baru ada 565 yang rusak surat suara DPRD Provinsi," pungkasnya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS