Jokowi - Maruf Kalah Telak di TPS Tempat Presiden PKS Mencoblos

Chandra Iswinarno
Jokowi - Maruf Kalah Telak di TPS Tempat Presiden PKS Mencoblos
Presiden PKS M Sohibul Iman menunjukan jari kelingkingnya usai mencoblos di TPS 235 yang berada di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok, Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi]

Presiden PKS Sohibul Iman diketahui mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 235 yang berada di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok, Jawa Barat.

Suara.com - Perolehan suara Pasangan Capres - Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul telak dari Pasangan Jokowi - Maruf Amin di tempat Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Sohibul Iman mencoblos.

Sohibul diketahui mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 235 yang berada di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis Depok, Jawa Barat.

Ketua TPS 235 Kelurahan Tugu Kecamatan Cimanggis Abdul Hamid mengatakan hasil penghitungan pemilihan presiden menunjukan Pasangan Capres - Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo - Sandiaga mendapatkan 134 suara, sedangkan Pasangan Capres - Cawapres Nomor Urut 01 Jokowi - Maruf Amin mendapat suara sebanyak 41.

"Pasangan nomor 02 unggul di TPS 235," kata Abdul Hamid, ketika dihubungi, Rabu (17/4/2019).

Ia mengemukakan, dari data yang dimilikinya, jumlah surat suara yang terpakai di TPS 235 sebanyak 176. Namun, hanya 175 surat suara yang dinyatakan sah.

"Ada satu surat suara yang tidak sah. Total ada 176 surat suara terpakai," kata dia.

Sebelumnya, Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman mengatakan optimis mencapai target 70 persen suara di Depok. Dia bahkan menyebut Prabowo-Sandi akan menang telak di Depok.

"Sejauh ini di Kota Depok selalu menang telak khususnya di TPS tempat saya mencoblos," kata Sohibul.

Untuk diketahui, Pilpres 2019 yang digelar pada 17 April 2019, diikuti oleh 190.770.329 pemilih. Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU paling banyak ada di Jawa Barat, yakni 33 juta individu.

Wilayah lain yang mencatatkan jumlah pemilih lebih dari 10 juta adalah Jawa Timur dan Jawa Tengah, masing-masing 30,9 juta dan 27,8 juta.

Provinsi dengan jumlah DPT paling sedikit adalah Kalimantan Utara tercatat 450 ribu pemilih.

Sementara jumlah TPS Pilpres 2019 mencapai 809 ribu unit. Angka ini hampir dua kali lipat lebih banyak dibandingkan Pilpres 2014 yang hanya 477 ribu.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS