Polemik Baliho Prabowo - Sandi di Bogor, Bawaslu: Segera Turunkan

Chandra Iswinarno
Polemik Baliho Prabowo - Sandi di Bogor, Bawaslu: Segera Turunkan
Komisioner Bawaslu, Rahmat Bagja. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Bawaslu akan mendiskusikan persoalan itu dalam rapat pleno internal dan hasilnya akan memberikan surat ke KPU RI.

Suara.com - Pemasangan baliho raksasa ucapan terimakasih kepada Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno yang terpasang di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih terus menuai kontroversi.

Anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengaku prihatin atas pemasangan baliho tersebut di wilayah Kabupaten Bogor. 

"Prihatin,  kami harap masyarakat baik pemerintah daerah yang suka memasang baliho ucapan tersebut untuk tidak melakukan hal itu dan segera diturunkan. Kami harap menunggu hasil pada 22 Mei 2019, kami harap Pemilu ini kondusif," kata Rahmat Bagja di UI, Depok, Jawa Barat, Selasa (30/4/2019). 

Oleh karena itu, kata dia, dukungan harus  diserahkan ke petugas PPK dan para saksi yang sedang melaksanakan rekapitulasi di kantor kecamatan. 

Setelah itu, nantinya pada 22 Mei 2019 akan diumumkan presiden dan wakil presiden terpilh, sehingga dipersilakan untuk memasang spanduk ucapan dan lainya. 

"Kalau dipasang sekarang, mari kita jaga  kondusifitas, ini imbauan. Kita menunggu rekapitulasi baik pemda yang memasang baliho segera  untuk diturunkan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Bawaslu akan mendiskusikan persoalan itu dalam rapat pleno internal dan hasilnya akan memberikan surat ke KPU RI

"Intinya bersama-sama menahan diri agar menunggu 22 Mei 2019 mendatang," ucapnya. 

Ditambahkan dia, selama Pemilu 2019 ada 7.500 aduan dan pelanggaran sejak awal di mulai kampanye. Disebutkan dia, pelanggaran dan aduan ada yang pidana dan admintrasi.

"Sekarang masih proses nanti kita akan akan infokan ke masyarakat," katanya. 

Ia mengatakan, pelanggaran selama Pemilu ini paling banyak politik uang dan pengunakan akses pemerintahan. 

Sebelumnya, ratusan warga bersitegang dengan aparat gabungan yang hendak menurunkan baliho bergambar pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang terpasang di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 

Informasi terhimpun, peristiwa tersebut terjadi di depan pintu masuk Perumahan Limuspratama, Kecamatan Cileungsi. 

Ratusan massa pendukung Prabowo-Sandiaga berkumpul untuk menghadang aparat yang hendak menurunkan baliho ucapan terima kasih atas dukungan warga Cileungsi.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS