Libur Lebaran: 27 Wisatawan Tenggelam, 1 Meninggal di Pantai Palabuhanratu

Dwi Bowo Raharjo
Libur Lebaran: 27 Wisatawan Tenggelam, 1 Meninggal di Pantai Palabuhanratu
Pantai Pelabuhanratu, Sukabumi. (Suara.com/Rambiga)

Libur Lebaran: 27 Wisatawan Tenggelam, 1 Meninggal di Pantai Palabuhanratu."

Suara.com - Sebanyak 15 kasus kecelakaan laut selama libur Lebaran 2019 terjadi di sejumlah objek wisata Pantai Palabuhanratu, Jawa Barat.

Kepala Operasional dan Sumberdaya Manusia (SDM) Lifeguard Balawista, Kabupaten Sukabumi, Asep Edom, mengatakan lokasi laka laut terjadi di Pantai Karanghawu, Pantai Karang Naya, Pantai Lapang Kadaka Cikakak, Pantai Citepus Kebon Kalapa, Pantai Sunset, dan Pantai Citepus Istana Presiden.

"Sampai memasuki H+8 ini, ada 15 kasus terjadi laka laut, dengan jumlah korban 27 orang wisatawan terseret ombak. Satu orang meninggal dunia dan lainnya terselamatkan," ujar Asep seperti diberitakan sukabumiupdate.com - jaringan Suara.com, Kamis (13/6/2019).

Asep menerangkan, mulai dari hari pertama lebaran hingga ketujuh laka laut terjadi setiap hari. Namun berkat kesigapan petugas di lapangan rata-rata wisatawan yang tenggelam maupun terseret arus dapat terselamatkan.

"Alhamdulillah untuk hari ini tidak ada laka laut, baik terselamatkan maupun hilang tenggelam dan mudah-mudahan tidak ada lagi terjadi laka laut sampai selesai masa liburan nanti," kata dia.

Terkait jumlah pengunjung pada hari ini, atau H+8 lebaran sudah mulai berkurang dibandingkan H+1 hingga H+4 hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
Meski demikian, pihaknya bersama tim gabungan yang tersebar di 16 pos pengaman pantai, mulai dari Minajaya hingga Cibangban Kecamatan Cisolok, terus siaga.

"Berdasarkan pantauan petugas dilapangan, jumlah kungjungan wisatawan ke objek wisata pantai ini mulai berkurang," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS