Pabrik Tahu Meledak di Depok, 7 Pekerja Alami Luka Bakar Serius

Bangun Santoso
Pabrik Tahu Meledak di Depok, 7 Pekerja Alami Luka Bakar Serius
Kondisi pabrik tahu yang meledak mengakibatkan tujuh orang alami luka bakar di Kota Depok. (Suara.com/Supriyadi)

Akibat insiden itu, kondisi pabrik tahu rusak parah akibat ledakan

Suara.com - Pabrik tahu di Jalan Amabel, RT01/05, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong Kota Depok, Jawa Barat pada Selasa (30/7/2019) malam meledak. Akibatnya, tujuh pekerja luka-luka, dua di antaranya mengalami luka bakar serius.

Tomi, saksi mata yang berada dekat lokasi mengatakan, ia awalnya mendengar ledakan keras, kemudian pabrik tahu terbakar.

“Kami lihat semua pekerja langsung dilarikan rumah sakit karena alami luka bakar," kata Tomi kepada Suara.com, Rabu (31/7/2019).

Sementara itu, Wandi pekerja yang selamat dalam kejadian tersebut mengaku peristiwa itu terjadi cukup cepat. Saat kejadian itu, dirinya mengaku langsung keluar pabrik.

"Saya tidak tahu detailnya yang pasti suara ledakannya cukup kencang. Satu teman saya luka parah, karena dekat tungku," katanya.

Ia mengatakan, peristiwa tersebut baru kali pertama terjadi. Akibatnya, operasional pabrik dihentikan untuk sementara waktu.

"Biasanya tidak pernah begini, terpaksa harus berhenti dulu produksi. Yang kerja ada delapan orang salah satunya saya," ujar dia.

Sementara itu, Kapolsek Sukmajaya AKBP IGN Bronet Ranapati mengatakan, peristiwa terjadi ketika para pegawai pabrik sedang bekerja membuat tahu, tiba-tiba tungku atau kuali berisi tahu tidak berfungsi dengan benar sampai akhirnya meledak.

Ketika sedang dimasak menggunakan kayu bakar pengaturan suhu tidak berfungsi dengan baik. Diduga tidak kuat menahan panas terlalu tinggi hingga akhirnya meledak.

"Atas peristiwa setidaknya ada tujuh pegawai pabrik menjadi korban luka bakar," kata dia.

Para korban yang sekarang dirawat intensif RS Citra Medika yaitu Khoirul, Samson, Dani, Amar, Oman, Okay, Ikbal, dan Wandi. Rata-rata luka bakar akibat terkena air panas.

"Akibat ledakan yang sangat kuat bangunan di tempat pembuatan tahu mengalami rusak berat," imbuh Bronet.

Pantauan Suara. com di lokasi, pabrik tahu tersebut sudah dipasang garis polisi dan terlihat berantakkan akibat ledakan yang terjadi pada Selasa (30/7/2019) malam.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS