Prabowo Jadi Menhan Jokowi, Begini Nasib Gerindra dan PKS di Pilkada Depok

Chandra Iswinarno
Prabowo Jadi Menhan Jokowi, Begini Nasib Gerindra dan PKS di Pilkada Depok
Ilustrasi Pilkada Depok.

Kedua partai masih melakukan penjajakan dalam Pilkada Depok 2020.

Suara.com - Penunjukan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) pada Kabinet Indonesia Maju tak berdampak pada koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan partai berlambang burung garuda tersebut dalam Pilkada Depok 2020.

Tetapi, kedua partai tersebut belum menyatakan bakal berkoalisi jelang Pilkada Depok 2020. Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Barat Harris Bobihoe mengakui hal tersebut saat dikonfirmasi di Depok pada Rabu (23/10/2019).

"Pilkada Depok belum (tentukan koalisi), tidak melihat seperti itu lah, ini hasil Rapimnas Gerindra," kata Harris.

Meski begitu, ia menjelaskan, kekinian internal Partai Gerindra berfokus mempersiapkan penjaringan bakal calon wali kota yang akan diusung dalam Pilkada Depok. Penjaringan calon wali kota, kata dia, hasil keputusan Rapimnas Partai Gerindra belum lama ini.

"Kita masih lakukan jajakan dengan teman-teman partai politik lainnya untuk koalisi di Pilkada Depok khususnya. Belum tahu reaksinya seperti apa," jelas Harris.

Terpisah, Sekretaris Umum DPD PKS Kota Depok TM Syahputra menyatakan PKS dan Gerindra masih tetap harmonis di Kota Depok.

"PKS dan Gerindra masih harmonis di Depok. Tetapi penentuan (koalisi) ada di DPP PKS," ucap Putra.

Meski begitu, dia menilai peluang koalisi PKS dan Gerindra dalam Pilkada Depok masih dimungkinkan. Lantaran, hubungan antara ketua DPC Gerindra Depok dan PKS selama ini masih baik dan cair.

"Kemungkinan semua terbuka berkoalisi di Pilkada Depok. Tapi keputusan ada di DPP (PKS)," katanya.

Kontributor : Supriyadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS